100 Mantan Napi Diajari Usaha

Caringin – Menteri Sosial RI, Khififah Indar Parawansa, Selasa (20/09) membuka bimbinan pengembangan usaha mandiri, yang diikuti sedikitnya 100 peserta mantan warga binaan, dari sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (LP). Para mantan napi itu diajari teknis usaha bidang agrowisata.

“Pelatihan dan bimbingan pengembangan usaha ini merupakan program nyata Kementerian Sosial, yang ditujukan kepada mantan warga binaan LP.  Tujuan utama yang ingin dicapai agar mereka memiliki keterampilan usaha, khsusunya dibidang pengelolaan agrowisata, sehingga tak kembali melakukan perbuatan melanggar hukum,” katanya.

Pelatihan dan bimbingan dilaksanakan di Pusdiklat Karya Nyata, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin. “Kami sih, berharap jumlah peserta yang mengikuti pelatihan banyak, seperti tahun lalu yang mencapai 600 peserta, karena ada pengetatan anggaran dari Kemenkeu, peserta dibatasi hanya 100 orang saja,” ungkapnya.

Rencananya, kata Khofifah, kedepan tak hanya mantan narapidana umum saja yang akan dilatih pengembangan usaha, tapi juga diarahkan kepada para mantan narapidana terorisme. “Rencana itu sudah kita komunikasikan dengan kementerian terkait, insya Allah terlaksana di tahun 2017 mendatang,” ujarnya. (Denny Malik)

Comments


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published.