3.117 Warga Bogor Terserang DBD, 43 Meninggal

BogorOnline.com, CIBINONG- Demam Berdarah Dengue (DBD) terus menjadi momok mengerikan bagi masyarakat. Di Kabupaten Bogor saja, hingga Oktober terjadi 3.117 kasus DBD dan 43 orang meninggal dunia akibat penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk itu.

Menurut dr Kusnadi, Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Kesehatan LingkunganĀ (P2PKL) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, pencegahan DBD paling efektif dengan memutus siklus hidup nyamuk.

“Fogging itu kurang tepat sebenarnya. Karena justru bisa membuat nyamuk kebal dan tetap bisa berkembang biak. Karena, jentik nyamuk justru hidupnya di air jernih. Bukan comberan,” kata Kusnadi kepada BogorOnline.com, Senin (31/10).

Jadi, kata dia, menerapkan pola hidup bersih merupakan yang utama dilakukan masyarakat. Mengenai mulai adanya vaksin pencegahan DBD, Kusnadi mengungkapkan bahwa itu masih jauh untuk datang ke Bogor.

“Karena tidak bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Lagipula belum disahkan oleh Kemenkes RI dan BPOM,” tukas Kusnadi. (Cex)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *