BPBD Kota Bogor, Pelatihan Penanggulanan Bencana

Kota Bogor – bogorOnline.com

Menambah kesiap siagaan dalam menanggulangi Bencana yang kerap terjadi di Kota Bogor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, menyelenggarakan kegiatan pelatihan relawan dan Tim Reaksi Cepat (TRC) dialam terbuka, kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 10 dan 11 Oktober 2016 di Bumi Perkemahan Sukamantri, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kabupaten Bogor.

Acara tersebut di ikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari komunitas, organisasi kemasyarakatan dan relawan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan menjelaskan, pelatihan yang dibuka oleh Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dari para stakeholder kebencanaan. Sehingga diharapkan bakal tercipta koordinasi dan komunikasi yang baik di antara masing-masing komunitas kebencanaan.

“Melalui pelatihan itu juga untuk lebih meningkatkan keterampilan dan wawasan kebencanaan dari para peserta. Sehingga pemahaman tentang ancaman, potensi, dan skenario penanggulangan bencana di Kota Bogor menjadi lebih baik lagi,” kata Ganjar, Rabu (12/10/16).

Ganjar menambahkan, para peserta yang mengikuti pelatihan, mendapatkan materi mulai dari pengenalan profil kebencanaan di Kota Bogor, seperti sistem manajemen penanggulangan bencana, posko darurat bencana, evakuasi, peran TNI dalam penanggulangan bencana, serta tentang peranan relawan dalam kebencanaan.

“Adapun para narasumber di pelatihan ini di samping dari BPBD Kota Bogor sendiri, juga dari BPBD Provinsi Jawa Barat, dan Kodim 0606/Kota Bogor,” pungkasnya.(bunai)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.