Galian Liar Bertebaran di Cijeruk

Cijeruk – bogoronline.com – Kecamatan Cijeruk, sepertinya menjadi sorga untuk galian liar, dari data yang dihimpun Jurnal Bogor, sedikitnya ada 40 titik galian liar di wilayah pimpinan Camat Hidayat Saputra Dinata ini.

Camat Hidayat mengatakan 40 titik galian tersebar di Desa Palasari, Cipelang, Tanjungsari dan Cijeruk. Seluruhnya telah ditutup pihak berwenang beberapa bulan lalu. Hanya saja fakta di lapangan masih ditemukan pengusaha galian yang membandel.

“Bukan tidak ada upaya, kami selalu melakukan patroli ke titik galian, namun mereka sepertinya sudah tahu informasi terlebih dahulu alias bocor, karena setiap patroli dilakukan lokasi galian selalu sepi,” ujarnya.

Karena itu, dalam waktu dekat, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Bogor, termasuk kepolisia untuk penindakannya. “Saya tegaskan galian di Kecamatan Cijeruk harus berhenti, dan tidak ada lagi kerusakan lingkungan akibat ulah para pengusaha galian ini,” tegasnya.

Sementara, salah satu lokasi galian pasir di Kecamatan Caringin tepatnya di Desa Pasir Buncir terlihat terus beroperasi meski Komisi III DPRD Kabupaten Bogor telah mengultimatum untuk menghentikan kegiatannya. (Denny Malik)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.