Dewan Kabupaten Bogor Malas Lapor Harta

BogorOnline.com, CIBINONG- Meski menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hukumnya wajib bagi setiap anggota DPRD, namun sayangnya, sampai sekarang masih ada wakil rakyat yang berkantor di Cibinong belum menyerahkannya ke KPK.

“Ini yang kita sesalkan, makanya kami akan meminta Pak Nuradi, selaku sekretaris DPRD menagih angota DPRD yang belum menyerahkan LHKPN,” kata Amin Sugandi, anggota Komisi IV DPRD, Selasa (15/11).

Menurut Amin, anggota DPRD tak perlu takut dicurigai komisi anti rasuah, kalau memiliki harta berlimpah, bilamana harta kekayaan yang dimiliki itu didapatkan dengan cara legal, seperti dari warisan atau usaha sebelum menjadi anggota DPRD. “Dengan mengisi dan menyampaikan LHKPN kepada KPK, justru melegakan, karena kita tak lagi dicurigai,” ungkapnya.

Politisi Partai Golkar ini menduga, lambatnya penyerahan LHKPN dari beberapa anggota DPRD ini, karena tak ada sanksi dan bukan termasuk pelanggaran kode etik. “Ya walau penyerahan LHKPN hukumnya wajib bagi setiap penyelenggara negara, tapi tak ada sanksi yang bisa dijatuhkan,” ungkapnya.

Amin mendesak, sekretaris DPRD untuk menanyakan lagi kepada puluhan anggota DPRD yang belum menyerahkan berkas isian LHKPN. “Seharusnya Pak Nuradi, tak boleh tinggal diam, beliau harus proaktif menanyakan kepada seluruh anggota yang belum menyerahkan berkas LHKPN. Ini penting, agar warga di luar, tak menilai anggota DPRD tidak patuh aturan,” tegasnya.

Sekretaris Dewan Nuradi mengatakan, sampai November ini baru 12 anggota yang telah menyerahkan LHKPN ke sekertariat DPRD. Mereka diantaranya,  Erwin Najmudin, Irawan, Amin Sugandi dari Fraksi i Golkar, Ida Farida, Sadari, Wasto, Eko Syaiful Rohman, Fraksi PKS, Adi Suwardi, M. Rizky Fraksi Gerindra, Juhanta dari PPP dan Hendra Budiman dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) serta Wakil Ketua DPRD Saptariyani.

“Berkas LHKPN dari semua anggota DPRD ini akan diserahkan ke KPK, ketika semua berkas isian sudah dikembalikan kepada kami,” tutup Nuradi. (Zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.