Dinkes Alokasikan Rp 240 Juta Pilih Duta Kesehatan dan Perbup KTR

BogorOnline.com, CIBINONG- Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai gencar mensosialisasikan peraturan daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang telah disahkan DPRD awal Oktober lalu.

Bahkan untuk mendukung Perda KTR ini efektif saat diberlakukan, Dinas Kesehatan saat ini dikabarkan tengah menyusun peraturan bupati (perbup) sebagai aturan pelaksana dari Perda KTR.

Dari data yang dihimpun, untuk membuat Perbup KTR, Dinas Kesehatan mengalokasikan anggaran hingga Rp 127 juta lebih. Alokasi anggaran tersebut tercantum dalam buku APBD 2016 di halaman B 57 dengan kode rekening 0201190026. Anggaran tersebut digunakan untuk belanja pegawai sebesar Rp 93 juta lebih dan sisanya Rp 33 juta lebih dialokasi untuk belanja barang dan jasa.

Ketua Fraksi Partai Gerindra M. Rizky mengaku, tak habis pikir, dengan besarnya anggaran untuk penyusunan Perbup KTR.

“Jujur saja, saya baru tahu kalau penyusunan Perbup KTR itu memakan anggaran cukup besar. Nah yang menjadi pertanyaan saya, dipakai untuk apa saja anggaran sebesar itu,” katanya, Selasa (15/11).

Rizky berjanji, masalah besarnya anggaran penyusunan Perbup KTR akan ditanyakan ke Dinas Kesehatan, saat pembahasan rapat anggaran nanti. “Sekarang kan eranya keterbukaan, kami tak mempermasalahkan ada anggaran besar, namun penggunaannya harus jelas. Apakah mungkin anggaran Rp 99 juta dihabiskan untuk belanja pegawai yang menyusun Perbup KTR,” ungkapnya.

Selain anggaran Perbup KTR yang dipersoalkan, pekan lalu, Dinas Kesehatan juga mendapatkan sorotan terkait pengalokasian anggaran sebesar Rp 240 juta, yang digunakan untuk menggelar pemilihan duta kesehatan dengan peserta pelajar SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Bogor.

Anggaran Rp 240 juta ini halamannya dengan Perbup KTR dengan kode rekening 0201190021. Dari Rp 240 juta, Rp 49 juta dipakai belanja pegawai dan Rp 190 juta untuk belanja barang dan jasa. Duta kesehatan yang terpilih akan diikutsertakan dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diselenggarakan Selasa ini di Lapangan Sirkuit Sentul, Kecamatan Babakan Madang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Erwin Suriana ketika dikonfirmasi mengaku tidak tahu, kalau ada anggaran Rp 127 juta, untuk penyusunan Perbup KTR. Alasanya,  anggaran tersebut diusulkan dan dimasukan ke APBD 2016 sebelum dirinya masuk ke Dinas Kesehatan. “Bila ingin jelasnya, silakan tanya ke bidang promosi kesehatan,” tutupnya. (Zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.