Warga Caringin Tak Lagi BAB di Sungai

BogorOnline.com, CARINGIN- Warga Desa Pasir Muncang, Kecamatan Caringin, tak perlu lagi mandi atau buang air besar kesungai. Pasalnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) telah membangun puluhan MCK dengan anggaran dari APBD Provinsi Jawa Barat tahun 2016.

“Di Pasir Muncang, MCK yang dibangun rekanan DKP ini bisa dimanfaatkan untuk 105 kepala keluarga, sehingga warga tak perlu lagi memanfaatkan air sungai untuk mandi, cuci dan kakus,” kata ketua RT 02/04, Wasta, Selasa (1/11).

Wasta mengatakan MCK bantuan dari DKP ini terdiri dari dua, yakni untuk perorangan dan kelompok. “MCK perorangan dibangun di beberapa rumah warga, sedangkan MCK komunal sasarannya rumah kontrakan dan pemukiman pada penduduk,” ujarnya.

MCK komunal ini lanjut Wasta, dibangun dengan ukuran 15 kali 3 meter persegi. “MCK ini dilengkapi dengan septi tank yang terbuat dari bahan fiberglass, sehingga air yang bercampur kotoran manusia tak menyerap ketanah,” jelasnya.

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) RW 05 Aeh menambahkan, MCK komunal dan perorangan yang dibangun dengan anggaran bantua Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah lama diharapkan warga. “Di RW 05, Kampung Cipopokol, Desa Pasir Muncang, MCK komunal diperuntukan bagi 58 kepala keluarga tahap berikutnya akan ada lagi pembangunan untuk 156 kepala keluarga,” katanya.

Aeh meminta, agar program ini berlanjut, warga yang ingin mendapatkan bantuan MCK komunal harus menyiapkan lahan. “Bantuan yang dikucurkan pemerintah provinsi  untuk pembangunan pisik saja, sedangkan lahannya disedikan warga. Itu pun yang sudah tidak ada masalah, artinya status lahannya bukan lagi milik pribadi, tapi sudah diwakafkan atau dihibahkan,” tutupnya. (Cex)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.