Warga Parung Pertanyakan Anggaran PJU

BogorOnline.com, PARUNG- Warga empat kecamatan di wilayah KPabupaten Bogor bagian utara mulai mengungkit anggaran atau dana perawatan lampu penerangan jalan umum (PJU). Pasalnya hampir sebagian jalan  yang berada di empat kecamatan ini gelap gulita, salah satunya di ruas jalan provinsi.

“Lampu PJU ini diperlukan, untuk penerangan di kala malam. Nah yang terjadi, banyak PJU yang tak berfungsi alias mati,” keluh warga Kecamatan Parung, Andri, Kamis (10/11).

Gun Rutangga, warga perumahan brandweer, Desa Parung, Kecamatan Parung mengungkapkan, matinya lampu PJU di jalan-jalan milik provinsi dan nasional, karena masing-masing instansi seperti saling lempar tanggung jawab. “Rakyat kan tidak tahu apakah ini jalan provinsi atau nasional, mereka tahunya lokasi jalan ada di Kabupaten Bogor, sehingga yang bertanggung jawab soal PJU ya Pemerintah Kabupaten Bogor,”ungkapnya.

Dari data yang dihimpun, sektor PJU merupakan sumber pemasukan pendapatan asli daerah (PAD). Tiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Bogor mendapatkan uang hingga puluhan miliar rupiah dari sumbangan para pelanggan listrik PLN sebesar tiga persen dari total tagihan rekening.

Namun sayangnya, besarnya pemasukan tak semua dikembalikan untuk memasang atau merawat lampu-lampu PJU di seluruh ruas jalan yang ada di Bumi Tegar Beriman. (Zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.