Ini Dia Manfaat Ajaib Daun Kelor Bagi Kesehatan

BOGOR- Kamu tahu daun kelor? Daun kerap dikaitkan dengan dunia mistis serta dianggap bisa menghilangkan orang yang kesurupan makhluk halus. Tapi, daun itu juga rupanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sayur daun kelor atau katuk mengandung antioksidan tinggi, yang disebut mampu memberi keuntungan bagi pencegahan penyakit diabetes, anemia, bahkan sakit jantung dan lainnya. Selengkapnya berikut seperti dilansir laman Boldsky:

Memberi nutrisi

Nutrisi pada daun kelor tergolong lengkap, yakni ada vitamin A, vitamin C, vitamin E, juga kalium serta protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mineral seperti zat besi pun ada di dalamnya, yang membuat sayur tersebut disarankan bagi penderita anemia.

Cegah kerusakan akibat radikal bebas

Radikal bebas adalah hal yang merusak sel tubuh. Namun jangan khawatir sebab berbagai sayuran mengandung zat antiinflamasi atau antiperadangan yang mampu melawannya. Sayur kelor pun miliki antioksidan tinggi yang mencegah kerusakan sel molekul.

Gejala kerusakan akibat diabetes berkurang

Terdapat vitamin C yang dapat mencegah rusaknya pembuluh darah bagi penderita diabetes. Demikian juga vitamin A yang memelihara kesehatan mata para diabetesi.

Sehatkan sistem kardiovaskuler

Lagi-lagi kegunaan antioksidan pada sayur kelor, mampu menyehatkan sistem kardiovaskuler sehingga jantung lebih sehat terjaga.

Kesehatan otak

Pada biji kelor, ada asam folat, asam amino, asam lemak omega 3, dan vitamin E yang jika dikonsumsi rutin akan menjaga kesehatan otak serta menjauhkan dari resiko kerusakan.

Hati lebih sehat

Dengan polifenol daun kelor, hati atau liver akan lebih sehat, mampu menjaga dari serangan racun, dan kerusakan hati.

Anti bakteri dan jamur

Terdapat zat anti bakteri dan jamur pada sayuran hijau ini, yang membantu tubuh melawan kedua perusak itu. Jadi, jangan ragu untuk mulai mengonsumsi daun kelor setiap hari. (cex/sidomi)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.