Pelajar Se Jabodetabek, Ikuti Festival Marawis Di Kabupaten Bogor

CIBINONG –

Dua puluh enam orang peserta pelajar tingkat SMP dan SMA se-Jabodetabek mengikuti lomba festival marawis, Hadroh dan Kasidah dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dilokasi lapangan terbuka Pemuda Bengkel Ahlak Kebantenan, tepatnya di Kampung Cipayung, RT02/ 09, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (29/1/17).

Kegiatan ini dengan mengusung tema, “Mari kita memasyarakatkan Al-Qur’an dan meng Al-Qur’an kan masyarakat”. Hadir acara tersebut, Pembina Bengkel Akhlak Pemuda Bantenan, Ali Gozali, Sekcam Cibinong, Lurah Tengah, LPM, Tokoh Masyarakat, Pelajar se-Jabodetabek dan undangan.

Pembina Bengkel Akhlak Pemuda Bantenan Ali Gozali mengatakan, bahwa tujuan yang dilakukannya tersebut, sangat lah penting dilakukan, sebagai pondasi dan benteng iman bagi para remaja agar terhindar dari perbuatan yang dilarang dari agama Islam.

“Sangat lah penting pendidikan agama Islam ditanamkan sejak usia sekolah. Ada beberapa faktor mengapa pemupukan pendidikan agama lebih ditujukan kepada usia remaja. Pertama, remaja masih dapat dikoordinir atau diarahkan kepada kegiatan positif. Kedua, pada usia sekolah ini, mereka itu masuk ke dalam fase pencarian jati diri. Untuk itulah kami dari Bengkel Akhlak Pemuda Bantenan mengadakan Festival Marawis dan Parade Qosidah Hadroh se-Jabodetabek,” ujarnya.

Menurutnya, bahwa kegiatan festival ini sekaligus merayakan Hari Raya Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2017, dan untuk membudayakan marawis dan qosidah kepada masyarakat di Kabupaten Bogor.

“Coba lihat saja permainan alat musik rebana dalam seni marawis cukup sulit dipelajari, tapi masih banyak diminati oleh kalangan pelajar. Maka dari itu, saya ingin kalangan muda juga ikut serta membudayakan dua kesenian tersebut. Tidak lain, agar budaya musik Islam ini tetap berkembang dan terpelihara dengan baik hingga ke anak-cucu kita,” tambahnya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.