Sambut Kedatangan Raja Salman, Istana Bogor Gelar Gladi Bersih Dentuman Meriam

Bogor – bogorOnline.com

Terkait akan kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi yang akan berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 mendatang. Berbagai persiapan dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia, salah satunya adalah Penyambutan dengan Dentuman Meriam.

Lettu Yon Armed-7/105 Bekasi, Sembiring mengungkapkan, hari ini kita melaksanakan Gladi bersih terlebih dahulu, agar dapat mengetahui suara dentuman tersebut terdengar atau tidak dari dalam Istana Bogor, meriam yang digunakan nanti sebanyak 6 unit. 44 Anggota TNI kita kerahkan, Enam orang ditempatkan untuk pengoperasian perpucuk meriamnya, rencana nya, dentuman Meriam akan dilakukan sebanyak 21 kali.

“Meriam yang kita pakai ini bertipe SaluttingGun kaliber 75 Mm buatan Yugoslavia, meriam tersebut memiliki daya jelajah mencapai 3-4 KM,” ungkap Sembiring, usai gladiresik yang dilaksanakan di halaman kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Jl. Ir. H. Juanda No. 10, Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (25/2/17) sore.

Sembiring menambahkan, Meriam ini digunakan hanya untuk penyambutan tamu kehormatan atau tamu negara saja, baik itu Presiden maupun Perdana Mentri, dinegara asalnya, Meriam ini dipergunakan untuk penghancur Salju.

“Rutin nya setiap memperingati hari kemerdekaan di istana Negara Jakarta, tadi kita melakukan uji coba 2 kali dentuman,” pungkasnya.

Perlu diketahui bersama, Kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini merupakan kunjungan yang sangat bersejarah, karena terakhir kali ke Indonesia, terjadi pada tahun 1970, atau 47 tahun yang lalu. Presiden Jokowi akan menganugerahkan bintang kehormatan tertinggi Republik Indonesia kepada Raja Salman. Bintang kehormatan ini diberikan, karena ketika melakukan kunjungan ke Arab Saudi, Jokowi juga mendapatkan kehormatan tertinggi dari Kerajaan Arab Saudi. (Nai).

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.