Begini Cara Heri Cahyono Hibur Anak-anak Kota Bogor

Bogor – bogorOnline.com

Menceritakan dongeng yang berisi pesan moral bagi anak-anak bukanlah hal yang mudah. Terlebih pada zaman modern seperti sekarang ini, media hiburan seperti televisi, mainan play station, dan game online telah menjadikan dongeng menjadi asing bagi kehidupan anak-anak. Padahal, hiburan-hiburan di televisi maupun internet pun, tidak banyak memberikan dampak positif bagi anak-anak.Terlebih jika anak mengakses media tersebut tanpa bimbingan dan kontrol dari orangtua.

Rupanya, hal tersebut dipahami betul oleh Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono. Dengan menggandeng Yayasan Filantropy Indonesia (YFI) dirinya mencoba membawa kembali anak-anak di Kota Bogor untuk dapat lebih bisa memahami nilai-nilai tentang moral kehidupan yang dihadirkan secara lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh anak-anak.

“Ini adalah salahsatu cara kita demi mewujudkan Kota Bogor sebagai kota Ramah Anak, kenapa Dongeng?. Karena Dongeng, mampu menyajikan ilustrasi sederhana tentang moral kehidupan. Melalui dongeng, nilai-nilai kehidupan yang bersifat abstrak bisa dihadirkan secara lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh anak-anak,” ungkap Heri Cahyono kepada wartawan, disela acara Gerakan Tanam Pohon, Minggu (19/3/17).

Heri melanjutkan, dalam mendongeng, orangtua juga dianjurkan memberi komentar-komentar positif. Tujuannya untuk mengajak anak mencari kesimpulan tentang tokoh baik dan tokoh jahat hingga menegaskan amanat cerita.

“Hal tersebut dapat membantu anak semakin paham akan nilai-nilai moral yang kadang terabaikan dalam kehidupan. Semoga amanat cerita yang tersaji dan tokoh-tokoh cerita yang berwatak baik mampu menjadi teladan dalam sikap dan perilaku anak,” ujarnya.

Ketua YFI Aris Munandar menuturkan, Kegiatan ini atas kerja sama kita dengan Kang Heri. Kita ingin memberikan hiburan yang berkesan dan mendidik lewat kisah-kisah dongeng. Terlebih dongeng saat ini sudah tidak populer lagi di kalangan anak-anak. kegiatan ini akan terus berlanjut sampai ke 68 tempat Kota Bogor. Pendongeng nya Iki Yusan dari komunitas Kampung Dongeng, untuk tema cerita kali ini tentang sosok seoarang anak bernama Citra.

“Melalui kisah Citra, seorang anak yang walaupun hidup dalam keterbatasan ekonomi tapi ia selalu dapat berbagi kepada sesama, namun begitu, Citra selalu tampak senang dan ceria, jadi lewat dongeng ini kita ingin mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu dapat berbagi, serta saling tolong menolong kepada sesama,” tandasnya.

Salah seorang anak warga Kampung Cemplang Baru RT02/12. Rendy (8) menuturkan, dirinya merasa sangat senang sekali mendengar Dongeng yang di bawakan oleh Ka Iki Yusan.

“Aku sangat senang sekali dengan apa yang tadi disampaikan kaka itu, ceritanya bagus, juga lucu. Tadi itu menceritakan seorang anak bernama Citra, seorang anak yang pintar, baik dan suka menolong,” pungkasnya. (Nai)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Exception thrown without a stack frame in Unknown on line 0