Farm Trip Jurnalis 2017, Kenalkan Penangkaran Rusa Bogor

TANJUNGSARI-

Farm Trip Jurnalis 2017 bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor kenalkan objek wisata penangkaran Rusa, Kampung Nanggung, Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjungsari milik Perhutani. Bagi masyarakat sebelum memasuki kawasan wisata Penangkran Rusa akan disambut dengan jembatan gantung yang dibawahnya mengalir air sungai Cibet.

Untuk sampai ke tempat penangkaran rusa harus berjalan melalui hutan lindung. Konon kawasan ini dikelola oleh perhutani. Lahan yang seluas lebih 3.000 hektar. ini hanya 5 hektar saja yang digunakan untuk penangkaran rusa di tempat ini.

Informasi yang diterima bogorOnline.com, penangkaran rusa didirikan sejak tahun 1984, sdangkan pada tahun 1993 kawasan ini baru menjadi hutan lindung. Dan baru dijadikan tempat penangkaran rusa sejak tahun 2002 lalu. Di dalam area wisata dapat menemukan papan informasi yang terpampang di luar, sehingga akan mudah mengetahui jenis-jenis rusa yang ada di kawasan penangkaran.

Polisi Hutan (Polhut)/Pengelola penangkaran Rusa Ajum mengatakan, rusa koleksi Resort Polisi Hutan (RPH) Cariu yang terdiri dari jenis Rusa Jawa (Timorensis), Bawean (Axis Kuhlil) dan Rusa Totol (Axis Axis). Sedangkan keistimewaan di tempat penangkaran ini pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan rusa tanpa batas, karena hewan rusa-rusa ini tidak membahayakan.

“Jadi aman untuk bermain dekat dengan rusa di lokasi ini,” kata Ajum saat ditemui di lokasi.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.