Direksi Baru PDAM Tirta Kahuripan Janji Tekan Kebocoran Air Sampai 25 Persen

CIBINONG – bogoronline.com – Direksi PDAM Tirta Kahuripan telah menetapkan sejumlah target dalam Rencana Kerja Anggaran perusahaan 2017. Perusahaan pelat merah dibawah kepemimpinan baru ini antara lain menetapkan target laba bersih dan penambahan sambungan langganan sebanyak 14.956 unit.

“Selain itu kita akan meningkatkan cakupan pelayanan wilayah administratif ke angka 20,71 persen dan Wilayah Pelayanan 26,51 persen,” ujar Dirut PDAM Tirta Kahuripan, Hasanudin Tahir. Saat ini, cakupan layanan sebesar ±19.57% untuk wilayah administrasi dan 26,20% untuk wilayah pelayanan.

Tingkat kehilangan air juga akan ditekan menjadi 25 persen. Pada triwulan pertama 2017, tingkat kehilangan air masih di angka 28,28 persen meleset dari target RKAP untuk triwulan yang sama 26,54 persen.

“Kehilangan air untuk jalur Ciburial masih tinggi, sehingga diperlukan langkah-langkah yang dapat menekan atau mengurangi tingkat kehilangan air,” kata dia.

Direktur Operasional PDAM Tirta Kahuripan, Eka Bhinekas menambahkan, PDAM Tirta Kahuripan juga dihadapkan pada persoalaan ketersediaan air baku untuk produksi air bersih yang semakin menyusut dan telah banyak dikuasai oleh perorangan atau Badan Usaha. Untuk mengatasi hal ini, Direksi merencanakan Peningkatan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Air Minum (Ekspansi dan Intensifikasi).

“Antara lain melalui peningkatan kapasitas air (Uprating), pembangunan sarana air baku dan pemasangan jaringan perpipaan dan sambungan langganan di Wilayah Pengembangan Baru,” katanya

Sementara untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia, Direktur Umum PDAM Tirta kahuripan, Efie Pancawati menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah antara lain dengan memberlakukan Good Corporate Governance (GCG) dan key Performance Indicator (KPI). “Kami juga akan melakukan berbagai diklat mulai dari manajemen, keteknisan, profesi dan motivasi pegawai,” katanya

Langkah lainnya dengan meningkatkan Manajemen Teknologi dan Informasi serta Perbaikan dan Pembangunan Bangunan Kantor dan Gudang. “Target kinerja yang ditetapkan dalam RKAP 71,73 persen. Ini meliputi semua aspek dan memerlukan kapasitas SDM yang baik,” tandasnya (*)

 

Program Kerja

•          Efisiensi dan Optimalisasi Sistem serta Pendukung Sistem  dalam menciptakan pelayanan yang handal

•          Peningkatan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Air Minum (Ekspansi dan Intensifikasi)

•          Peningkatan Sistem Pemasaran Melalui Cabang Pelayanan dan Pihak Ketiga

•          Peningkatan Kualitas Sumber Daya Perusahaan

 

 

Comments