MAHASISWA STTIF GELAR SEMINAR KEFARMASIAN

bogor – boogorOnline.com

Sabtu (5/8/2017), Mahasiswa Farmasi Angkatan 19 Sekolah Tinggi Teknologi Industridan Farmasi (STTIF) Bogor yang bekerja sama dengan BOGOR PHARMACY ORGANIZED yang di ketuai oleh Achmad Tulus Rustiyadi, S.Farm, Apt yang merupakan Alumni dari STTIF Bogor menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Kefarmasian dengan tema “The Role Of Pharmacist In Implementation Farmacovigilance To HIV Patient With Antiretroviral Therapy”.

Suatu topik mengenai Aspek Pharmacovigilance dalam Pengobatan Antiretroviral dan bagaimana peran praktisi farmasi dalam penerapannya. “Tema ini kami usungkan sebagai perhatian dalam bentuk pemikiran untuk meningkatkan kompetensi keahlian tenaga profesional dalam bidang farmasi, yang juga peduli terhadap Orang Dengan HIV/AIDS dan dapat meningkatkan peran farmasis dalam mewujudkan orientasi kepada keselamatan pasien dengan memberikan informasi terkait keamanan terapi ARV kepada pasien, tenaga kesehatan dan masyarakat” ujar Novrijal Azhar selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Nasional Kefarmasian.

Acara yang dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00 bertempat di Gedung Kemuning Gading Balaikota Bogor tersebut dibuka dengan penampilan Tarian Tradisional Batin Kemuning yang berasal dari daerah Riau, yang dipersembahkan oleh Mahasiswa STTIF Bogor dan sambutan oleh Bapak Yohanes Subagya selaku Ketua Pengurus Cabang PAFI Kota Bogor sebagai bentuk partisipasi terhadap penyelenggaraan acara ini. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Drs. Heru Sunaryo, Apt. selaku Kepala Subdit Penggunaan Obat Rasional Direktorat YANFAR Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan KEMENKES RI, Ibu Sudarwanti, M.Si, Apt. selaku Kepala Unit Regulatory divisi Farmakovigilans PT. Kima Farma (Persero) Tbk., dan Ibu Siti Asfijah Abdoellah, S.Si, Apt, M.Med. selaku Kasubdit Surveilan dan Analisis Resiko Produk Terapeutik Pusat Farmakovigilans Nasional BPOM RI sebagai pemateri. Saat ditemui usai berakhirnya acara, Ketua Pelaksana Seminar Nasional Kefarmasian mengakui, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Farmasi Angkatan 19 STTIF Bogor ini sempat mengalami kendala dalam pelaksanaannya, namun berkat dukungan dari BOGOR PHARMACY ORGANIZED, kegiatan ini dapat terselenggara dan berjalan dengan sukses, “walaupun masih ada beberapa kendala saat pertengahan acara, tapiAlhamdulillah semua bisa ditangani dengan baik hingga acara selesai dilaksanakan” (Na)

Comments