Pemkab Bogor Serius Kembangkan Posyandu

SUKARAJA-

Dalam rangka menjamin optimalisasi pengembangan Posyandu, Pemkab Bogor telah berupaya melaksanakan pembinaan terhadap para kader posyandu untuk meningkatkan kinerjanya dalam beberapa aspek. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar ketika menerima Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat di Puskesmas Bougenville Desa Pasirlaja, Kecamatan Sukaraja. Hadir ketua tim penilai Provinsi Jawa Barat Eko Sanyoto, Kepala DPMD Kabupaten Bogor Deni Ardiana, Camat dan Muspika Sukaraja.

Adang juga mengatakan, dukungan Pemkab Bogor terhadap pengembangan posyandu juga di berikan dalam bentuk pelatihan maupun pembinaan atau rapat koordinasi yang didukung oleh APBD. Terlebih Pemkab Bogor didukung oleh Peraturan Bupati Bogor Nomor 30 Tahun 2017 tentang revitalisasi posyandu. Semua ini menurut Adang, bertujuan untuk mewujudkan posyandu menjadi pusat informasi dan konsultasi selain pelayanan kesehatan dasar.

“Perbup mengatur bagaimana kita mendorong semua posyandu mandiri agar bisa menjadi posyandu multifungsi. Kemudian dalam setiap musrenbang kecamatan atau melalui surat edaran kepada camat, kita dorong juga bagaiamana posyandu diberikan prioritas untuk pengembangan, agar bisa menjadi pusat kegiatan yang mampu memenuhi kebutuhan warga disekitarnya” terang Adang

Adang juga menambahkan, khusus untuk Posyandu Bougenville yang menjadi sasaran penilaian pada kesempatan ini, merupakan salah satu posyandu terbaik di Kabupaten Bogor yang telah berhasil menjalankan perannya secara optimal dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari peran seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bogor yang bidang tugasnya bersentuhan dengan peningkatan derajat masyarakat, Tim Penggerak PKK setempat melalui 10 program pokok PKK, Pokja Posyandu Desa, Pokjanal Posyandu Kecamatan hingga Pokjanal Posyandu Kabupaten” tambah Adang.(rul/Diskominfo)

Comments