Ini Kata Uu Saat Semobil Dengan Presiden Jokowi

Tasikmalaya – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berkesempatan dalam satu mobil dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat perjalanan dari Kabupaten Ciamis menuju Tasikmalaya, kemarin.

Uu mengakui, dirinya sangat bersyukur bisa duduk berdampingan dengan orang nomor satu di negeri ini.

“Alhamdulillah bisa semobil dengan Pak Jokowi pakai mobil RI 1. Ini merupakan pengalaman yang baru seumur hidup saya,” ungkap Uu.

Kesempatan langka tersebut, jelas Uu, diperolehnya seusai menghadiri agenda kerja Jokowi di Kabupaten Ciamis.

“Saya didekati anggota Paspampres, kemudian dibilang bahwa Pak Jokowi berkenan satu mobil dengan saya, tanpa pikir panjang saya langsung menerima tawaran istimewa itu,” jelasnya.

Selama di perjalanan dari Ciamis – Tasikmalaya, santri Miftahul Huda Manonjaya itu mengaku heran dengan kaca mobil Jokowi yang selalu terbuka.

“Kaca mobil selalu dibuka, dan warga tidak ada satupun yang memanggil Presiden. Semua memanggil Pak Jokowi. Itu yang membuat saya heran, dan menurut saya, hal ini menjadi bukti kedekatan Presiden Jokowi dengan masyarakat,” ungkapnya.

Ia pun sempat bertanya kepada Presiden, kenapa kaca mobil nya selalu terbuka. “Beliau menjawab tidak perlu takut. Saya serahkan sama Allah. Allah lah yang tahu segalanya. Saya berserah diri,” tutur Uu mengulang jawaban Jokowi.

Mendengar penjelasan Jokowi, Uu pun mengaku teringat akan pesan guru-gurunya di Pesantren Miftahul Huda tentang makna ketauhidan. “Dalam hati, saya merasa ini seperti di (Pesantren) Miftahul Huda, berbicara ketauhidan,” ujarnya.

Uu juga mengaku diingatkan Jokowi akan arti penting menjaga amanah sebagai seorang pemimpin. Menurut Uu, dirinya diberi petuah agar menjalankan amanah sebagai seorang pemimpin dengan baik, salah satunya harus benar-benar mencintai rakyat.

“Saya juga dikasih petuah. Harus cinta rakyat. Kata beliau, rakyat itu butuh diperhatikan. Saya cinta rakyat, rakyat juga akan cinta. Pak Jokowi sayang ke rakyat,” katanya.

Di akhir perjalanannya bersama Jokowi, Uu sempat bertanya kepada Jokowi soal lampu depan mobil berpelat Indonesia 1 yang sudah buram.

“Kata beliau, ini mobil bekas presiden sebelumnya. Dan saya semakin menyadari kalau Pak Jokowi itu orangnya sederhana,” pungkasnya.

Diketahui, Jokowi melakukan kunjungan kerjanya ke wilayah Priangan Timur, Provinsi Jabar. Di Kabupaten Ciamis, Presiden menyerahkan 5.447 sertifikat tanah ke warga. dan Tasikmalaya, Jokowi juga berkunjung ke Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Rombongan Jokowi sempat berhenti sejenak di sebuah pasar untuk membagikan sembako. Sementara itu Jokowi membagikan buku hingga kaos sambil menyalami warga. (adi/*)