Zaenul Kukuhkan SahabatZM Bogor Selatan

bogorOnline.com

Ratusan koordinator relawan SahabatZM tingkat kelurahan dan tingkat RW se-wilayah Kecamatan Bogor Selatan di dikukuhkan oleh calon Wakil Walikota Zaenul Mutaqin (ZM). Para relawan SahabatZM yang tersebar di 16 Kelurahan sekecamatan Bogor Selatan, bertatap muka langsung dan berdialog secara terbuka dengan Zaenul Mutaqin yang juga Ketua DPC PPP Kota Bogor. Acara pengukuhan ini dilaksanakan di kawasan Pamoyanan Hijau, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Ahad (18/2/18).

Zaenul Mutaqin mengatakan, relawan SahabatZM tersebar di seluruh Kota Bogor dan di masing masing Kecamatan terdapat Koordinator Kecamatan, Koordinator Kelurahan dan Koordonator tingkat RW. Sudah ada dua kecamatan yang dikukuhkan yaitu kecamatan bogor barat dan hari ini di kecamatan bogor selatan. Kordinator tingkat RW di Kecamatan Bogor Barat yang sudah di kukuhkan sebanyak 215 dan di Kecamatan Bogor Selatan sebanyak 191 orang. Tugas para koordinator tingkat RW nantinya akan membentuk relawan di tingkat RT yang berjumlah 5 orang di setiap RT. Targetnya, jumlah relawan se-kota bogor nantinya berjumlah 12 ribu orang relawan SahabatZM.

“Jadi total jumlah jaringan relawan hingga tingkat RT ditambah jumlah koordinator RW dan kelurahan se-Kota Bogor berjumlah 13 ribu orang. Para relawan SahabatZM ini nantinya akan bergerak dan sinergis dengan tim pemenangan dari koalisi tiga partai yang terstruktur hingga tingat ranting,” jelas Zaenul.

Menurut Zaenul, relawan SahabatZM ini dibentuk sudah sejak lama, namun khusus untuk Pilkada Kota Bogor jaringannya diperluas dan jumlahnya pun jauh lebih banyak dibandingkan dengan ketika dirinya menjadi calon legislatif pada Pemilu tahun 2014 lalu. Tentu saja targetnya adalah memenangkan pasangan nomor urut satu Achmad Ru’yat dan Zaenul Mutaqin (RZ) di Pilwalkot Bogor tahun 2018. Zaenul menjelaskan, untuk memenangkan pasangan RZ, dirinya tidak hanya mengandalkan kekuatan mesin partai koalisi tiga partai yaitu PKS, PPP dan Gerindra saja, tetapi kekuatan relawan juga sangat penting dalam sebuah pertarungsn politik pilkada.

Jadi ada dua mesin politik yang mempunyai kekuatan, yaitu mesin koalisi parpol dan mesin relawan. Untuk koalisi tiga parpol, PKS, PPP dan Gerindra adalah tigs partai yang berpengaruh di Kota Bogor. Sedangkan para relawan SahabatZM ini nantinya yang akan memproduksi suara diluar kekuatan mesin partai koalisi. Tugas relawan mensosialisasikan figur pasangan Ruyat Zaenul dan mengajak masyarakat untuk memilih serta mengawasi proses pemilihan di TPS masing masing.

“Jadi relawan Sahabat ZM berkordinasi langsung kepada saya, tetapi dalam kinerjanya tentu saja berkoordinasi dengan tim koalisi partai,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, relawan itu bergabung secara sukarela untuk membantu dan bekerja bersama demi memenangkan pilkada untuk pasangan RZ. Kenapa disebut SahabatZM, karena saya menganggap semua relawan adalah sahabat-sahabat saya dan hubungan sahabat itu kedekatan maupun ikatannya hanya sedikit setelah hubungan saudara. Karena sahabat ada di saat kita senang dan tidak pergi dikala kita susah.

“Saya ingin siapapun yang bergabung menjadi relawan SahabatZM, datangnya dari hati bukan karena paksaan atau janji-janji politik. Pada pertemuan tersebut, Zaenul juga menjelaskan, bahwa berpolitik itu tidak harus masuk ke dalam atau menjadi pengurus partai politik. Sebagai warga negara yang baik kita harus menyalurkan hak politik kita, apalagi dalam pemilihan kepala daerah. Dan melalui relawan SahabatZM ini, masyarakat diajak untuk memahamu makna berpolitik serta menyalurkan hak politik dengan baik,” jelasnya.

Sementara, koordinator SahabatZM Kecamatan Bogor Selatan, Wisnu Arfiansyah menyebutkan, jumlah RW di Kecamatan Bogor Selatan sebanyak 191 RW, dan para koordinator akan bergerak membentuk relawan di masing-masing RT.

“Ini murni relawan yang tidak tergabung dalam partai politik manapun. Para relawan ini dengan sukarela bergabung dengan relawan SahabatZM untuk memenangkan pasangan nomor satu RZ di Pilwalkot,” katanya.

Wisnu menambahkan, target suara secara keseluruhan di Kecamatan Bogor Selatan dari tiga partai koalisi, PPP, PKS dan Gerindra sebanyak 45 ribu suara, sehingga masih kekurangan sekitar 30 ribu suara untuk mencapai 75 ribu suara dan disinilah tugas para relawan SahabatZM untuk meraih suara sebanyak-banyaknya untuk kemenangam RZ.

“Dalam melaksanakan kinerja, para relawan SahabatZM selain menerima arahan langsung dari kang Zaenul, tentu saja akan berkoordinasi juga dengan tim koalisi parpol,” pungkasnya. (Nai)

Comments