DI FESTIVAL PEMUDA PELOPOR, EGI GW AJAK LULUSAN KAMPUS MEMBANGUN DESA

CIAWI – Festival Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor  yang digelar di Universitas Djuanda Bogor, 23-25 Oktober 2018, diharapkan dapat menularkan semangat kepeloporan kepada pemuda dan mahasiswa di Kabupaten Bogor. Hal tersebut menjadi harapan Forum Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor, Dinas Pemuda dan Olahraga, Universitas Djuanda dan BEM KM Djuanda Bogor yang bekerjasama menyelenggarakan kegiatan ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menginspirasi, menularkan semangat kepeloporan generasi muda,” ujar Ketua Forum Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa, di sela pembukaan festiva pemuda pelopor, Senin (23/10).

Egi mengatakan, sengaja memilih kampus Djuanda sebagai tempat penyelenggaraan festival. Menurut dia, kampus dengan slogan ‘Bertauhid’ itu, banyak mencetak generasi yang memiliki semangat kepeloporan. Para penerima penghargaan pemuda pelopor, kata dia, juga banyak yang berasal dari almamater kampus tersebut. “Kami juga berharap mahasiswa yang nantinya lulus ini, lebih banyak yang mengambil peran untuk menjadi pelopor membangun desa dan daerahnya,” katanya.

Rektor Unida Bogor,Dede Kardaya mengatakan, spirit kepeloporan dari pemuda kita sangat besar manfaatnya untuk membangun bangsa. Ia menghimbau agar mahasiswanya menjadi pemuda pelopor di bidangnya masing-masing. “Jadilah pemuda pelopor, jangan jadi follower,” katanya.

Dede berharap, festival pemuda pelopor yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Bogor ini, bisa berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi pemuda di bumi tegar beriman ini. “Di kemahasiswaan Unida,  kami juga sekali banyak program kepemudaan, wirausaha dan inovasi bisnis. Mudah-mudah kerjasama dengan Forum pemuda Pelopor ini, mahasiswa lebih termotivasi, meningkatkan daya saing, paling tidak di tingkat nasional bahkan internasional,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, Yusuf Sadeli mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor merespon positif kegiatan Festival Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor 2018 yang diprakarasi Forum Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor. Yusuf menilai, kegiatan tersebut sangat  bermanfaat bagi pengembangan potensi pemuda di Kabupaten Bogor.

“Para pemuda pelopor ini bisa menjadi inspirasi bagi pemuda Kabupaten Bogor. Karena mereka ini, sudah menorehkan tinta emas dalam peran serta membangun Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Yusuf berpesan, Forum Pemuda Pelopor terus melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam pengembangan pemuda. “Saya menilai forum ini sangat bermanfaat, sebagai ajang berkumpulnya para pemuda pelopor untuk saling bertukar pikiran, berkomunikasi dan berkreasi serta menginspirasi adik-adiknya para pemuda Kabupaten Bogor,” pungkasnya (*)

KERJASAMA : Ketua Forum Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa dan Bidang Kemahasiswaan UNIDA Bogor menandatangani perjanjian kerjasama untuk pengembangan pemuda dan mahasiswa. Penandatangan MoU disaksikan Kepala Dispora Kabupaten Bogor, Yusuf Sadeli dan Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. (foto : Hendi Novian)