Pertama di PORDA Jabar, Petanque Akan Ukir Sejarah di Kabupaten Bogor

 

CIBINONG – Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XIII Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Bogor, menjadi sejarah bagi cabang olahraga Petanque. Hal tersebut karena baru kali ini cabang olahraga tersebut dipertandingkan dalam gelaran cabang multievent terbesar di Jawa Barat.

Sekretaris Umum Pengurus Federasi Olahraga Indonesia (FOPI) Provinsi Jawa Barat, Ahmad Sobana mengatakan, ada 12 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat yang akan berlaga dI PORDA XIII di 11 nomor pertandingan. “Dibabak kualifikasi sebenarnya ada 14 Pengcab yang siap untuk ikut PORDA, tetapi Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bandung mundur karena tidak ada respon dari KONI daerah setempat,” ujarnya.

Adapun 12 Kabupaten dan Kota yang memastikan akan berlaga pada 7 hingga 11 Oktober mendatang yakni, Kabupatn Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasik, Kota Tasik, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Garut.

Sekretaris Pelaksana Cabor Petanque PORDA XIII Jawa Barat, Muslih menambahkan, ada 11 nomor yang akan dipertandingkan di cabang olahraga Petanque. Mereka akan berlaga di Venue Petanque, Komplek Stadion Pakansari, Cibinong. Muslih menyebut venue untuk cabor ini bertaraf nasional.

Kontingen Kabupaten Bogor sendiri menerjunkan 13 atlit andalannya terdiri dari 7 putra dan 6 putri. Edo Wardana, salah satu atlit wakil Kabupaten Bogor mengatakan, target tuan rumah menjadi juara umum untuk cabor ini. Karena itu, ia dan atlit lainnya berlatih keras untuk mencapai target tersebut. “Kami sudah 3 bulan ikut pemusatan latihan pagi dan sore. Kami akan berjuang maksimal untuk meraih medali emas,” katanya. (*)