Wagub Uu Siapkan Sejumlah Langkah Sehatkan BUMD

Bandung – Setelah menjadi kewenangan nya, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengaku telah menyiapkan sejumlah langkah dalam upaya penyehatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov Jawa Barat.

Langkah yang disusun, bertujuan meningkatkan kapasitas dan profesionalisme seluruh BUMD baik perbankan maupun non-perbankan yang pada akhirnya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tujuan utama nya adalah meningkatkan PAD, melalui inovasi dan kolaborasi berbagai stakeholder. Langkah awal yang akan kita lakukan adalah melakukan evaluasi dengan membentuk Tim Penataan BUMD yang berisi orang-orang profesional dan non partisan yang bebas kepentingan pribadi maupun kelompok,” kata Uu di Bandung, Selasa (9/10/2018).

Tim tersebut, imbuh Uu, nantinya bertugas mengumpulkan data, termasuk mengevaluasi hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beberapa tahun terakhir.

“Kinerja tim tentunya dibatasi, yaitu hanya memberikan rekomendasi hasil dari telaahan tim baik informasi maupun aspek hukum,” imbuhnya.

Kemudian, menyusun rencana bisnis dan recovery menjadi langkah selanjutnya. Langkah ini melibatkan konsultan bisnis dan tim pakar investasi yang memiliki kapabilitas.

Menurutnya, hal ini sangat penting, karena berkaitan dengan penyertaan modal, prospek usaha, melihat efektivitas dan langkah bisnis ke depan.

Jika langkah-langkah teknis itu sudah dihasilkan, BUMD akan diminta menerapkan sesuai target yang dibebankan. Langkah-langkah penerapan oleh BUMD itu akan terus diawasi agar berjalan baik dan sesuai koridor.

“Langkah-langkah ini akan saya terapkan di BJB juga BUMD milik Pemprov Jabar yang lain. Ini langkah strategis semata-mata untuk kemajuan BUMD dimana hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku telah menyerahkan kewenangan pengawasan BUMD kepada Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum karena dirinya ingin fokus membenahi organisasi perangkat daerah (OPD) di tahun pertamanya memimpin Jabar. “Setahun ini saya titip ke Pak Wagub dulu,” ujarnya. (adi/*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *