Pasar Parungpanjang Banjir, Kades Salahkan PD Pasar

 

PARUNGPANJANG – Hujan lebat di sertai angin kencang yang melanda wilayah Parungpanjang membuat para pedagang kaki lima (PKL) Pasar Parungpanjang terendam banjir. Genangan air penyebab banjir tersebut diduga akibat buruknya drainase serta tersumbat limbah sampah pasar.

Akibatnya, PKL yang biasanya berjualan di tepi jalan lingkar Pasar Parungpanjang, Desa Parungpanjang, Kecamatan Parungpanjang ini terpaksa tudak berjualan karena tingginya debit genangan air hujan yang meluap dari got/drainase pasar tersebut.

“Genangan air banjir setinggi 20 sentimeter inikarena hujan deras tadi siang ditambah drainase di pasar Parungpanjang tidak sebanding. Kami terpaksa tutup, karna lapak tempat berjualan terendam,” ungkap Hamzah (39) seorang pedagang kepada bogoronline.com, melalui pesan whatsapp, Rabu (21/11/2018).

Keterangan serupa disampaikan Ari (57) seorang pemilik kios resmi Pasar Parungpanjang. Dia mengatakan, luapan banjir juga sempat masuk ke dalam beberapa kios pedagang. “Debit genangan air memang cukup tinggi sehingga mengalir kemana – mana.” Ungkapnya.

Sedangkan Kepala Desa Parungpanjang Nina Kurniasih mengatakan, keluhan para PKL merupakan langganan dan sudah tidak aneh.

“Wajar para PKL mengeluh karena pihak PD Pasar selama ini tidak ada perhatian atas kenyamanan pengunjung dan pedagang. Bahkan sudah sering kita menyampaikan keluhan pedagang dan warga ke PD pasar yang terkena imbasnya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Nina Kurniasih, pihak pemerintah desa (Pemdes) Parungpanjang sudah sering mengadakan gotong royong untuk membenahi saluran drainase, tapi tetap saja masih begitu.

“Genangan air ini juga disebabkan adanya penumpukan volume sampah yang menumpuk dan menyumbat saluran air. Sebenarnya ini bukan kewenangan pihak Pemdes Parungpanjang tapi ini kewenangan pihak PD Pasar Parungpanjang sepenuhnya,” bebernya.

Nina menambahkan, seharusnya Pasar Parungpanjang segera direnovasi agar saluran air diperbaiki dan sampah-sampah dibersihkan. “sehingga tidak mengakibatkan banjir di pasar Parungpanjang dan harus memiliki pasar bersih dan nyaman.” harapnya.

Sementara pihak unit PD Pasar Parungpanjang belum bisa dihubungi untuk dikonfirmasi. (MUL)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *