Raih Best of The Best KRL Tingkat Pratama Kabupaten Bogor, KRL Nanas Terima Hadiah Motor Roda Tiga

 

BOGOR   FSetelah meraih juara sebagai Best of The Best Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Tingkat Pratama Kabupaten Bogor pada gelaran Kabupaten Bogor Kabupatenku Green and Clean Award 2018, KRL Nanas menerima penghargaan berupa satu unit Motor Roda Tiga dari Pemerintah Kabupaten Bogor pada hari Minggu, (4/11/2018).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Atis Tardiana hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menyerahkan Motor Roda Tiga di KRL Nanas yang berlokasi di RW 12, Desa Karanggan, Kecamatan Gunungputri. Dalam sambutannya, Atis mengapresiasi ibu-ibu dari KRL Nanas yang telah berjuang mengelola Bank Sampah.

“Kami merasa bangga kepada ibu2 yang telah melakukan kegiatan bank sampah karena ini adalah amanah Undang-undang Dasar dan tugas kita semua adalah menjaga lingkungan,” kata Atis.

Atis menjelaskan, saat ini total sampah di Kabupaten Bogor berjumlah 2.650 ton dan Pemkab hanya bisa melayani sebanyak 600 ton. Berbagai upaya telah dilakukan dan salah satunya adalah program KRL. Atis berharap, setiap tahun jumlah Bank Sampah dapat meningkat sehingga dapat mewujudkan program Kabupaten Bogor yakni pengurangan sampah 30% di tahun 2025.

“Kami harapkan KRL Nanas dapat menjadi pioner di Desa Karanggan. Saat ini sudah ada 200 bank sampah, lalu kami tengah berupaya membentuk Bank Sampah Pusat dan harapan kami sampai 2025 nanti akan ada 8.000 Bank Sampah,” tambahnya.

Pembina KRL Nanas dan Ketua RW 12 Aspidi mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Bogor. “Kami memohon terus bimbingannya karena mempertahankan jauh lebih berat,” terang Aspidi didampingi Ketua KRL Nanas Basuki.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi 3 yang juga Pendiri Bank Sampah Harum Asri Citereup Gunungputri Is Budi Widuri yang juga hadir menjelaskan bahwa Bank Sampah sangat berperan untuk lingkungan hidup.

“Ini adalah salah satu yang dicontohlan Baginda Rosul karena kebersihan adalah sebagian dari Iman, dan di sini warga langsung mempraktikannya. Luar biasa sekali,” apresiasi Is Budi kepada KRL Nanas.

Is Budi berpesan semoga KRL Nanas bisa memberi contoh kepada yang lain. Menurutnya lingkungan adalah hal yang harus diperhatikan, sejak lahir hingga meninggal, manusia adalah penghasil sampah, oleh karena itu kita ia mengajak untuk mengurangi sampah dari rumah.

Ketua BPD Desa Karanggan yang juga Ketua BKM Munggaran Desa Karanggan Joko Lelono yang hadir mewakili Pemerintah Desa Karanggan menjelaskan bahwa di wilayahnya tengah berupaya melahirkan anak dari KRL Nanas.

“Kami sudah menyebarkan inspirasi dari KRL Nanas melalui kegiatan Kotaku di Dusun 3 dan semoga tiga bulan lagi akan lahir anak dari KRL Nanas,” terang Joko Lelono.

Setelah penyerahan Motor Roda Tiga, seluruh rombongan mengelilingi KRL Nanas yang memiliki tema Kampung Buah dan Kampung Sayur.


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *