Plastik Masih Digunakan di Balaikota Bogor, Ini Kata Wali Kota Bogor Bima Arya

bogorOnline.com

Terhitung sejak 1 Desember 2018, Pemerintah Kota Bogor telah menerapkan Bogor Tanpa Kantong Plastik atau yang dikenal dengan nama BOTAK. Kebijakan larangan penggunaan kantong plastik di ritel modern dan pusat perbelanjaan tersebut diatur dalam Peraturan Wali Kota Nomor 61 Tahun 2018 tentang pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Kebijakan tersebut diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah kantong plastik yang ada di Kota Bogor. Meski demikian, penggunaan bahan plastik sekali pakai yang lama terurai masih digunakan di lingkungan Kantor Balaikota Bogor.

Dari pantauan Bogoronline.com saat menghadiri Jumpa Pers Bogor Street Festival CGM pada (21/01), Balaikota Bogor menggunakan bahan plastik sekali pakai di antaranya air mineral dalam kemasan, bungkus makanan ringan untuk klepon dan risol.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Bogor menyayangkan masih adanya air mineral dalam kemasan yang menggunakan plastik sekali pakai.

“Wah iya, harusnya engga ada lagi itu air mineral dalam kemasan,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya setelah Jumpa Pers Bogor Street Fest, Senin, (21/1/19) di Balaikot Bogor.

Kemudian, mengenai masih digunakannya plastik untuk kemasan makanan ringan, Wali Kota Bima Arya berjanji akan tegur Bagian Umum. “Mana? Ya, nanti saya tegur Bagian Umum,” tegas Bima Arya.

Bogor Street Fest CGM sendiri akan dihelat pada tanggal 19 Februari 2019. Berbeda di tahun sebelumnya, festival rakyat tahunan ini akan mengusung tema Katumbiri yang memiliki arti Pelangi dan akan dihadirkan pertunjukan kolaborasi 7 Sanggar Kota Bogor menjadi satu kolaborasi yang indah dan berwarna.

Tekait mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik, Wali Kota Bima Arya menyampaikan akan melakukan imbauan-imbauan dan pertunjukan tanpa plastik pada acara Bogor Street Festival bulan Februari mendatang.

“Nanti akan kita imbau, lalu ada kampanye-kampanye dan pertunjukan tanpa plastik,” tutup Wali Kota Bogor Bima Arya. (RF)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *