JEMBATAN PENGHUBUNG DI PERBATASAN KABUPATEN BOGOR DAN KOTA DEPOK AMBLAS

GUNUNGSINDUR – bogorOnline.com

Sebuah jembatan penghubung antara Kota Depok dan Kabupaten Bogor yang berada di atas Kali Angke amblas. Menurut informasi warga, jembatan penghubung antara Kampung Ciater Desa Rawakalong Kecamatan Gunungsindur Kabupaten Bogor dan Kelurahan Pondok Petir Kecamatan Bojongsari Kota Depok ini amblas karena tergerus air.

“Sudah hampir dua minggu lalu, namun hingga kini belum ada tanda – tanda akan diperbaiki,” Ungkap Ketua RW 13 Desa Rawakalong Babay Kusadi kepada wartawan, Kamis (14/2/19).

Dikonfirmasi hal ini, Kepala Desa (Kades) Rawakalong Mawar R. Asmara membenarkan adanya musibah jembatan longsor tersebut.

“Namanya jembatan Ciater Wareng, lokasinya di Kampung Ciater RT 02 RW 13 Desa Rawakalong Kecamatan Gaunungsindur. Sedangkan awal kejadian longsor terjadi pada 1 Februari 2019 lalu,” ungkapnya.

Kades Mawar menjelaskan, jembatan penghubung di wilayah perbatasan tersebut, sangat dibutuhkan untuk melakukan aktifitas keseharian terutama di bidang pendidikan dan ekonomi warga dari dua wilayah perbatasan tersebut. “Jembatan ini memiliki panjang 10 meter dan lebar 6 meter,” imbuhnya.

Kades Mawar R. Asmara menambahkan, pihaknya telah melaporkan kejadian amblasnya jembatan tersebut kepada Pemerintah Kecamatan Gunungsindur. Pemdes dan warga Desa Rawakalong, sambungnya, sangat berharap Pemerintah Kabupaten Bogor atau dinas terkait, bisa membantu perbaikan jembatan tersebut. Menurut Mawar, meski jembatan tersebut berada di jalan desa, namun fungsinya sangat vital. Hal ini bisa terlihat dari ramainya lalu lalang kendaraan yang melintas di jembatan tersebut, meski harus antri karena sedang rusak.

“Jembatan tersebut dulu dibangun oleh dana swadaya masyarakat. Namun dalam kondisi rusak berat seperti saat ini, biaya memperbaikinya pasti lumayan mahal. kami pihak desa tidak ada kemampuan anggaran,” Pungkasnya. (Mul)