Peringati Hari PETA, Tinton : Perjuangan Veteran Tak Ternilai

bogorOnline.com

Memperingati hari PETA (Pembela Tanah Air) belum lama ini, Hotel Lorin beserta karyawan menyelenggarakan makan siang bersama di halaman Museum Peta, Jalan Jenderal Sudirman, Bogor. Museum Peta merupakan Museum yang didirikan khusus untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara PETA atas kontribusinya dalam mendirikan bangsa dan negara.

Terdapat 460 pucuk senjata tersimpan di Museum Peta, H. Tinton Suprapto merupakan veteran dan juga pengusaha ini menyumbangkan sebagian besar koleksinya untuk Museum Peta.

“Masyarakat sekarang, khususnya anak muda jangan sampai lupa bahwa negara Indonesia dibangun dan dibentuk oleh perjuangan pahlawan, biar hanya menggunakan bambu runcing, tetapi nilai perjuangan yang diberikan begitu besar,” ujarnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Dandim dan Danrem Kota Bogor. Semangat para prajurit PETA dalam kisah 14 februari adalah cermin bagi pemuda-pemuda Indonesia, untuk bangkit dan melawan penjajahan dan penguasaan negara asing terhadap tanah air Indonesia dan kekayaan alamnya.

“Dalam semangat tempurnya para veteran berhak mendapatkan fasilitas dari negara, baik dari segi materi atau yang lainnya, karena veteran disini sebagai contoh dan saksi hidup untuk sejarah kemerdekaan Indonesia,” pungkasnya. (*)