PKM Paripurna FK UKI Angkatan ke-5 Berantas Stunting

Sumedang – Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK UKI) Department Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM), turut berupaya memberantas Stunting (balita pendek), dengan menggelar kegiatan bertajuk penelitian, penyuluhan dan pemberian makanan tambahan di 10 Desa yang dipusatkan di Gedung Suku Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, kemarin.

Ketua Departement IKM FK UKI DR. Sudung Nainggolan dalam kesempatan tersebut menyebutkan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan angka Stunting di Sumedang sampai titik dibawah angka Nasional.

“Kedepannya ditahun 2023 jumlah penderita Stunting harus dibawah angka nasnonal dan jauh dari angka Stunting secara keseluruhan di¬†Jawa Barat,” kata Sudung.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Sumedang, Uyu Wahyudi SKM.,MKM dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Paripurna FK UI Angkatan ke-5 ini agar memperoleh gambaran suatu intervensi atau langkah yang efisien.

“Jadi bukan hanya sekedar asumsi saja, tetapi ada survey dan analisa. Hal ini juga dapat diketahui apa sebenarnya faktor Stunting dan intervensi yang efektif terhadap stunting,” ungkapnya.

Dengan demikian, imbuh Uyu, pemerintah dapat lebih mudah mengambil kebijakan dan usulan kegiatan, karena telah dudukung dengan data yang akurat, fakta dan kegiatan tak terbantahkan yang harus dilaksanakan.

Terhitung dari April 2018, sudah hampir satu tahun kegiatan ini berlangsung dan PKM Paripurna merupakan angkatan kelima.

Kegiatan ini berfokus pada balita pendek (Stunting) sebagai bentuk dukungan program pemerintah dalam memberantas Stunting.

PKM Paripurna kali ini mengambil tema dengan bertitik berat pada anemia dan korelasinya terhadap stunting. Stunting merupakan suatu kegagalan dalam pertumbuhan yang menyebabkan seorang anak lebih pendek dari anak lain seusianya. (adi)