Egi GW Cetuskan Bangun Masjid At Taawun di Hambalang

 

BOGOR – Ketua DPC Taruna Merah Putih (TMP) Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa menilai Desa Hambalang di Kecamatan Citeureup merupakan desa yang kaya akan alam dan budayanya. Potensi ini, menurut Egi, harus dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sana.

“Masyarakat Hambalang harus diajak untuk bersama-sama memanfaatkan potensi yang ada di lingkungannya, baik alam maupun potensi lainnya,” ujar Egi, disela acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang dibarengi dengan Festival Budaya Nusantara Bernuansa Islami, di Lapangan Hambalang, Sabtu (23/3).
Pemanfaatan potensi tersebut antara lain dengan membangun kawasan wisata religi. Egi mencetus, membangun masjid raya di kawasan Hambalang bisa menjadi satu pilihan. “Saya yakin kalau kita bangun Masjid seperti at Taawun di puncak, akan menjadi destinasi wisata religi karena Hambalang pemandangannya sangat indah apalagi di malam hari, suasananya tenang dan masyarakatnya sangat agamis,” katanya.

Kegiatan yang diinisiasi TMP Kabupaten Bogor ini, lanjutnya, ingin memulai langkah ke arah itu dengan menggelar Festival Budaya Nusantara di Desa Hambalang yang isi acaranya didominasi oleh masyarakat sekitar. “Kegiatan ini isinya antara lain festival marawis, festival Hadroh, rebana, dan qasidah yang diisi oleh pemuda dan masyarakat Hambalang,” kata Egi.

Kegiatan ini, lanjut Egi juga ingin menunjukan komitmen TMP Kabupaten Bogor dalam merawat kebhinekaan di tengah kehidupan berbangsa dan beragama. Egi menegaskan, NKRI dengan ideologi Pancasila tidak bisa dipertentangkan dengan agama. “Maka kita ambil tema kegiatan ini Festival Budaya Nusantara Bernuansa Islami,” katanya.

Acara yang dihadiri ribuan kader TMP dan masyarakat ini dihadiri Ketua Umum TMP, Maruarar Sirait, Ketua DPD TMP Jawa Barat, Brando Susanto. Tausiyah diisi oleh Ketua MUI Citeureup dan penceramah KH Matin Endang, Ketua MUI Kecamatan Cibinong. (*)