Usai Apel Pemilu 2019, Lapas Gunungsindur Musnahkan Barang Sitaan

GUNUNGSINDUR – bogorOnline.com

Lembaga Pemasyarakat (Lapas) kelas lll Gunungsindur, menggelar apel persiapan pemilihan umum (Pemilu) 2019. Dalam kegiatan tersebut pihak Lapas bersama Rutan kelas llB Gunungsindur, BNN, jajaran polsek dan Koramil Gunungsindur memusnakan 662 unit telepon seluler yang disita dari warga binaan pemasyarakatan atau narapidana.

Pemusnahan tersebut dilaksanakan seusai apel jelang pemilu 2019 dan deklarasi anti Halinar pungli, kegiatan berlangsung di Lapangan Lapas Gunungsindur Desa Cibinong Kecamatan Gunungsindur. Selain telepon seluler berbagai barang elektronik dan senjata tajam yang telah di sita hasil razia dari narapidana Lapas Gunungsindur tersebut.

“Kegiatan apel pemilu deklarasi anti Halinar Pungli dan Narkoba yang menjadi perintah untuk kegiatan yang menjadi perintah dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan dan dilanjutkan dengan pembakaran hasil razia selama di lapas,” kata Sopiana kalapas Gunungsindur, Jum’at (12/3/19).

Sopiana mengatakan, untuk kegiatan Pemilu di Lapas Gunungsindur ada 1 TPS dan 4 TPS di Rutan kelas llB Gunungsindur, dengan jumlah pemilih WGB 497 orang dari DPT dan DPTB, kalau ditotalkan dengan keluarga pegawai sebanyak 592 DPT dan DPTB, namun data tersebut tidak termasuk di Rutan Gunungsindur.

“Ada 584 orang warga binaan yang tidak terdaftar untuk memilih. Namun untuk KH Abu Bakar Baasyir masih menunggu dari KPU,  termasuk 79 orang napi yang sudah merekam e-ktp dan belum tertaftar pemilih,” katanya.

Sopiana melanjutkan, untuk ABB, Lapas Gunungsindur akan memberikan ruang yang jelas ketika hari pemilihan, dan pasti pengamanan ada dari seluruh petugas pada hari pemilu sebanyak 95 personil.

“Dalam menggunakan hak pilihnya itu merupakan hak periogatif ketika seluruh warga binaan diwajibkan memilih dan diusahakan tidak boleh golput, dua hari sebelum pencoblosan akan ada data update seluruh warga binaan,” jelasnya.

Sopiana menambahkan, dengan pemusmahan hasil razia satu komitmen kami untuk membersihkan dalam hal pemberantasan Narkoba dilingkungan Lapas Gunung Sindur.

“Keinginan kami mudah-mudahan tak ada, kalaupun ada, perlu kami sampaikan napi punya hati yang berbeda, dan akan melakukan razia secara rutin,” tutupnya. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *