Villa Khayangan, Pemandangan Alam Seindah Lukisan

SUKAMAKMUR – Villa Khayangan berlokasi di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur bisa menjadi destinasi pilihan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur dengan menikmati keindahan alam.

Dengan mengedepankan kearifan lokal dalam rekayasa lingkungan, pengelola berhasil mengekplorasi keindahan panorama alam pegunungan dan karakterisrik budaya lokal. Hamparan sawah hijau dan udara kabut yang menyelimuti sebagian puncak pegunungan, menjadikan pemandangan kawasan ini seindah lukisan.
“Alam Sukamakmur keindahannya luar biasa, jadi kawasan ini kami bangun dengan mengikuti kontur tanah dan memanfaatkan pemandangan alam yang memang sangat indah,” ujar Owner Villa Khayangan Arifin, kepada wartawan, Jumat (5/3).

Bangunan penginapan di kawasan ini juga didesain dengan khas bangunan masyarakat Sunda. Bambu menjadi material yang mendominasi sebagian besar bangunan. Menurut Arifin, Villa Khayangan ingin menampilkan karakteristik arsitektur Sunda yang ramah lingkungan. “Bambu ini kan khas Sunda, kami ingin menonjolkan karakteristik tersebut,” katanya

Villa Khayangan tergolong destinasi baru di Kecamatan Sukamakmur. Kawasan ini dibangun pada 2017 dan baru dibuka untuk umum pada 2018. Namun demikian, kawasan ini selalu ramai dikunjungi.

Lebih lanjut, Arifin menambahkan bahwa pengunjung yang ingin menginap harus pesan villa setidaknya dua Minggu sebelumnya.

Selain penginapan, kawasan ini juga menyediakan fasilitas yang memanjakan masyarakat yang hanya ingin sekadar berkunjung. Wahana swafoto dari mulai Ayunan hingga Sepeda di Atas Awan dan juga kolam renang dapat Anda nikmati di Villa Khayangan.

Bagi Anda yang ingin menginap, Villa Khayangan memiliki dua jenis Villa, yakni Villa dengan konstruksi bambu dan tenda. Masuk ke Villa Halimun yang strukturnya dari Bambu, hawa sejuk dan kearifan Sunda akan Anda rasakan dan sangat kental. Bambu sengaja dipilih untuk mengangkat budaya Sunda dan juga memberikan sirkulasi udara yang baik. Villa Halimun memiliki dua kamar, satu dapur dan dua lantai. Villa Halimun sendiri memiliki kapasitas untuk 7 orang dan maksimal 15 orang. Dan yang menarik, hari-hari Anda di Villa Halimun Villa Khayangan akan menjadi tenang dan nyaman saat membuka pintu balkon kemudian melihat samudra hijau dari sawah dan alam yang asri.

Kemudian, Villa dengan konsep tenda gunung dan juga tenda ala Suku Indian menjadi pilihan yang menarik. 4 tenda ala masyarakat yang berasal dari Amerika Utara kemudian memiliki pekerjaan berburu tersebut berdiri dengan unik dan menjadi tempat yang menarik untuk ditinggali dan berswafoto. “Untuk harga, dari Rp 385 ribu sampai Rp 2 juta,” tambah Arifin. (ful/rob)