Cuti Menjelang Bebas, Mulai Hari Ini RY Hirup Udara Segar

BOGOR – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin hari ini mulai menghirup udara bebas. Terpidana kasus suap pemberian rekomendasi tukar menukar kawasan hutan oleh PT Bukit Jonggol Asri tersebut akan bebas melalui tahapan cuti menjelang bebas (CMB) yang diusulkan Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto.

“Besok (Rabu) Insya Allah saudara Rachmat Yasin akan mulai melaksanakan cuti menjelang bebas (CMB),” ucap Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto kepada wartawan di Bandung, Selasa (7/5).

RY dipidana penjara 5 tahun 6 bulan dan denda Rp300 juta terkait suap senilai Rp 4,5 miliar guna memuluskan rekomendasi surat tukar menukar kawasan hutan atas nama PT Bukit Jonggol Asri.
Kasus ini juga menyeret anak buahnya waktu itu, Muhamad Zairin, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor.

Zairin menyebut, duit diberikan PT BJA sebagai bentuk atensi untuk Rachmat selaku Bupati Bogor yang menerbitkan surat rekomendasi untuk tukar menukar sejumlah kawasan yang tumpang tinding dengan dua perusahaan lain, PT Indocement Tunggal Prakarsa dan PT Semindo Resources.

Setelah menjalani masa hukuman, Tejo mengatakan, Rachmat akan dibebaskan melalui tahap cuti menjelang bebas (CMB) yang merupakan usulan dari Lapas Sukamiskin. “(Itu) Usulan dari Lapas (Sukamiskin) karena yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan Administratif dan Substantif,” ujarnya.

Tejo mengatakan, adapun untuk bebas murninya mantan Bupati Bogor dua periode itu, dijadwalkan pada bulan Agustus 2019. Dalam melaksanakan CMB, mantan bupati yang akrab dijuluki RY ini diperbolehkan pulang ke rumahnya.

Namun, lanjut Tejo, RY masih ada pengawasan dari pihak Balai Pemasyarakatan. “Pulang ke rumah dengan pengawasan dan pembimbingan Bapas Bogor,” katanya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *