5 Tips Jitu Menghindari Kelebihan Bagasi Pesawat

Jangan sembarangan membawa barang-barang saat bepergian agar enggak kena biaya kelebihan bagasi pesawat

Pesawat masih jadi moda transportasi favorit bagi sebagian orang untuk traveling. Daya tempuhnya yang cepat serta pemandangan yang disajikan jadi beberapa alasan pesawat terus digemari hingga kini. Namun, bepergian dengan pesawat bukan tanpa halangan. Seenggaknya ada dua halangan utama yang kerap dirasakan banyak orang, yakni harga tiket pesawat yang lebih mahal dibandingkan dengan moda transportasi lain dan biaya tambahan jika kita kelebihan bagasi pesawat.

Nah, untuk mengatasi harga tiket pesawat yang mahal, sih, gampang banget. Kamu bisa datang ke travel fair yang rutin digelar tiap tahun atau berburu promo tiket pesawat murah di traveloka. Lalu, bagaimana caranya agar terhindar dari kelebihan bagasi pesawat? Gampang banget. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yakni memperhitungkan tas dan barang-barang yang hendak dibawa. Untuk lebih jelasnya, langsung saja baca penjelasan berikut ini.

  1. Perhatikan pemilihan tas yang akan dibawa

Tips pertama yang harus kamu perhatikan untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat adalah memperhatikan pemilihan tas yang akan dibawa. Jika kamu lebih suka membawa koper untuk traveling, sebaiknya pilihlah koper yang ringan. Saat hendak membeli sebuah koper, jangan terpengaruh oleh model dan merek saja. Jika koper tersebut cukup berat meski dalam keadaan kosong, segera tinggalkan.

Pilihan kedua adalah dengan menggunakan tas ransel. Nah, ada keuntungan tersendiri jika kamu membawa tas ransel untuk traveling. Pertama, kamu akan memilih mana barang yang benar-benar penting dibawa selama bepergian. Selain itu, keuntungan lainnya adalah kamu bisa bergerak lebih leluasa untuk bergerak jauh, seperti mengejar bus atau berlari dari satu terminal ke terminal lain

  1. Memilih outfit yang tepat

Penting bagi kamu untuk mengetahui musim atau cuaca dari destinasi tujuan kamu. Jangan terlalu banyak membawa baju. Jika kamu pergi berwisata ke pantai saat musim kemarau, jangan membawa baju untuk musim dingin.

Kamu cukup membawa beberapa celana dalam, celana pendek, beberapa kaus tipis, serta satu sweater untuk membuat kamu tetap hangat selama di pesawat. Membawa baju yang salah otomatis akan memberikan pengaruh pada beban yang harus kamu bawa nantinya.

  1. Enggak perlu bawa perlengkapan mandi reguler

Perlengkapan mandi reguler yang dimaksud di sini adalah yang biasa kamu gunakan sehari-hari di rumah. Membawa sebotol shampo, sikat dan pasta gigi berukuran besar, hingga sabun cair tentu akan memakan tempat tersendiri di tas kamu dan enggak praktis.

Sebagai gantinya, kamu bisa mencari shampo atau sabun dalam kemasan sachet, serta sikat dan pasta gigi yang diciptakan khusus untuk para traveler. Lagi pula, hotel juga selalu menyediakan perlengkapan mandi, kan? Kamu bisa banget memanfaatkan hal hal tersebut.

  1. Timbang berat bagasi di rumah

Sebelum menuju bandara, biasakan dulu untuk memeriksa kembali berat tas setelah selesai berkemas. Jika beratnya berlebih, segeralah keluarkan barang-barang yang enggak terlalu diperlukan atau enggak bersifat darurat (bisa dibeli atau disewa di tempat tujuan). Ketika pulang, biasanya di hotel juga menyediakan fasilitas alat timbangan, manfaatkanlah.

  1. Jangan beli oleh-oleh terlalu banyak

Membeli oleh-oleh jadi ritual wajib yang enggak bisa dilepaskan saat traveling. Saat berada di tempat tujuan berlibur, usahakan jangan sampai lapar mata. Beli oleh-oleh yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan saja. Selain itu, kamu juga harus pastikan bahwa oleh-oleh yang dibeli itu tidak dijual di tempat asal kamu. Lebih baik gunakan uang dan waktu kamu agar lebih bermanfaat saat berlibur.

Jika kamu terpaksa untuk membeli oleh-oleh dalam jumlah yang banyak, kamu bisa mengirimkannya dengan pos atau jasa pengiriman lain untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat. Dengan begitu, kamu enggak perlu repot bawa kardus oleh-oleh ke bandara. Membawa terlalu banyak barang ke pesawat juga bikin kamu enggak nyaman.

Namun, saat hendak mengirimkan oleh-oleh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan kamu sudah memperhitungkan biaya kirimnya. Selain itu, perhatikan juga kapan oleh-oleh itu akan sampai ke kotamu.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat, sekaligus menghemat biaya pengeluaran yang enggak begitu perlu. Selamat berlibur!