Dijadikan Pasar Sehat, Pedagang Daging, Ayam hingga Ikan Dapat Celemek

Kota Bogor – bogorOnline.com

Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor besama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor berupaya untuk menjadikan pasar – pasar yang sehat di Kota Bogor.

Salah satu upaya tersebut dengan cara memberikan bantuan berupa celemek kepada para pedagang daging, ikan dan ayam potong di Pasar Gunung Batu. Tak hanya itu dibagikan pula pamflet-pamflet tentang program kesehatan.

Celemek yang diberikan oleh pihak Dinkes Kota Bogor kepada para pedagang berbahan terpal lembut namun tidak mudah sobek/mudah dibersihkan (gampang rawat) dan tentunya steril. Hal ini dilakukan pihak Dinkes untuk menjaga kebersihan, kenyamanan dan sterilisasi para pedagang ketika berdagang.

Sebelumnya, Dinkes Kota Bogor telah memberikan beberapa penyuluhan serta sosialisasi tentang ketentuan pasar sehat sesuai Keputusan Menteri Kesehatan nomor 519 tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat.

Salah satu yang disosialisasikan tentang ruang menyusui dan ketersediaan ruang khusus menyusui (ASI) di pertokoan, pusat perbelanjaan dan lainnya serta tentang kesehatan pangan komoditas dagangan.

Kepala Pasar Gunung Batu, Iwan Arief Budiman dalam keterangannya mengatakan bahwa program ini sangat baik untuk pedagang pasar tradisional.

“Tentang ASI itu juga ada Perwali-nya, Perwali 26/2017 tentang pemberian air susu ibu ekslusif, bahwa tempat perbelanjaan harus menyediakan ruang menyusui/ruang laktasi,” kata Iwan, belum lama ini.

Dirinya pun berharap pendampingan pihak Dinkes tentang pasar sehat dapat dilakukan di semua pasar yang dikelola PD Pasar Pakuan Jaya.

“Harapan saya tentu pendampingan advokasi dan saran teknis tentang pasar sehat diteruskan ke semua pasar yang ada di Kota Bogor oleh Dinkes, karena di pasar begitu banyak koneksi manusia sehingga diperlukan juga sanitasi dan fasilitas sampai pada perilaku yang sehat,” tukasnya. (*/HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *