Listrik Padam, Pelayanan Disdukcapil Kota Bogor Terganggu

Kota Bogor – bogorOnline.com

Pemadaman listrik terjadi di sejumlah lokasi sejak kemarin hingga hari ini. Hal ini berimbas terganggunya pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor pada Senin 5 Agustus 2019.

Sejumlah pemohon yang sudah datang ke kantor Disdukcapil Kota Bogor tampak urung melaksanakan pengurusan administrasi kependudukannya dan mereka terpaksa harus kembali pulang.

Kepala Bidang Penyajian Informasi Adminiatrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Bogor, Christina Ari Setyaningsih mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan listrik sendiri, Disdukcapil masih bisa menggunakan tenaga genset. Namun pada jaringan komputer yang tersedia tidak bisa terkoneksi ke server Kemendagri.

“Jadi server kita down, hari ini kita coba log in ke server Kemendagri sampai sekarang terus masih dicoba tapi ternyata belum berhasil. Jadi untuk sementara kita sudah umumkan di loket layanan dan di website hari ini layanan offline,” ungkapnya.

Oleh karenanya, kata Ari, ada
beberapa pelayanan yang yang memerlukan koneksi dengan server di pusat untuk sementara ini tidak bisa dilayani. Disdukcapil tetap membuka pelayanan untuk penerimaan berkas saja dari para pemohon.

“Seperti misalnya surat pindah kita terima berkasnya sekarang tapi tidak bisa langsung jadi, kecuali legalisir bisa. Akte kelahiran, KK dan KTP juga. Untuk perekaman bisa tapi kita belum bisa kirim data ke pusat hanya kita terima secara manual,” ujarnya.

Sejauh ini, Ari mengatakan belum dapat memastikan kapan pelayanan di kantor Disdukcapil kembali normal. Informasi yang didapat olehnya sedang dilakukan perbaikan server di kantor Kemendagri.

“Kita tidak tahu sampai kapannya, di Kemendagri sedang dicoba diperbaiki servernya, dan sampai sekarang masih off belum bisa log in,” ucap Ari memungkas. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *