Sapi Simental Berat 1 Ton Ramaikan Bursa Hewan Qurban

Kota Bogor – bogorOnline.com

Menjelang Hari Raya ldul Adha 1440 Hijriah yang jatuh 11 Agustus 2019, sejumlah peternak dan penjual tampak menjajakan hewan kurban di beberapa wilayah di Kota Bogor.

Salahsatunya di Bursa Hewan Qurban atau BHQ ke-20 yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan Penanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Tahun ini, BHQ diikuti oleh 14 peternak penjual (sapi, domba dan kambing) yang berasal dari Jawa Barat (Bogor, Cianjur dan Sukabumi), Jawa Tengah (Boyolau), serta Jawa Timur (Lumajang) dengan jumlah lapak sebanyak 22 serta jumlah hewan kurban sekitar 300 ekor kambing/domba dan 200 ekor sapi.

Dari ratusan hewan kurban tersebut, terdapat beberapa ekor sapi dengan bobot berat 800 kilogram sampai 1 ton. Sapi-sapi itu berasal dari peternakan Klewih, Cianjur.

Topan, peternak sapi mengatakan, pihaknya sudah lima kali mengikuti BHQ di Puslitbangnak. Ada 25 ekor sapi jenis limosin, simental dan vegon yang dibawa dengan bobot berat antara 500 kilogram sampai 1 ton. Saat ini sudah terjual 20 ekor dengan harga dikisaran Rp 80 sampai 100 ribu per kilogram.

“Sisanya tinggal 5 ekor lagi. Kita mulai dari tanggal 1 Agustus. Untuk yang 1 ton sapi jenis simental itu juga sudah terjual dari jauh-jauh hari sudah ada yang pesan, harganya Rp 60 juta,” ungkap Topan.

Ia mengatakan, bahwa hewan-hewan kurban yang dijual BHQ sudah diperiksa oleh dokter hewan dan dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). “Kelebihan di sini sangat terjamin dari sisi kesehatan. Jadi sebelum pengiriman kita diberikan SKKH,” tandasnya.

BHQ ke-20 dilaksanakan selama 11 hari mulai 1 hingga 11 Agustus 2019 di halaman kantor Puslitbangnak Jalan Pajajaran Kav. E-59, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *