Tahun Ini, BPN Targetkan 65.000 Bidang Tanah Terdaftar

Kota Bogor – bogorOnline.com

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor terus mengupayakan percepatan semua bidang tanah terdaftar dan bersertifikat di Kota Bogor melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Tahun ini ditargetkan 65.000 bidang tanah terdaftar di BPN.

Kepala BPN Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh mengatakan, sejauh ini dari target 65.000 bidang tanah secara aplikasi progresnya sudah mencapai 86 persen yang meliputi pengukuran, pemetaan dan pendaftaran. Bersamaan, untuk fisik sertifikat sendiri sedang proses cetak di kantor BPN.

“Kita rencanakan target untuk aplikasi selesai 100 persen pada September. Kalau proses di back office sampai akhir Desember. Terkait penyerahan (sertifikat) tergantung perintah pimpinan kapan diserahkan,” kata Ery kepada sejumlah awak media belum lama ini.

Ery melanjutkan, program PTSL tahun ini dengan target 65.000 bidang tanah terbagi dalam tiga wilayah yakni di Kecamatan Tanah Sareal, Bogor Utara dan Bogor Timur. Sedangkan untuk di Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Barat melanjutkan sisa dari program PTSL 2018 termasuk Bogor Tengah tinggal 6.000 bidang tanah.

“Setelah itu, jadi tahun ini semua bidang terukur dan penerbitan sertifikat tahun depan. Karena tahun 2018 masih ada 11.000 bidang yang orangnya tidak ada di tempat, berkasnya belum lengkap, lalu ada yang tidak ingin ikut program. Tahun ini hampir 13.000 bidang, dan tahun depan yang kita harapkan semua selesai,” imbuhnya.

Ia menandaskan, pihak BPN mencatat dari luas wilayah Kota Bogor 11.850 hektar saat ini masih terdapat 65.000 bidang tanah yang belum memiliki sertifikat. “Ada 217.000 bidang tanah yang terdaftar, yang belum bersertifikat baru separuh, tapi tahun 2018 tambah 60.000 bidang jadi sisanya 65.000 bidang tanah,” tukasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *