Upacara Kemerdekaan RI di Desa Cikuda

Kades : Tingkatkan Rasa Nasionalisme pada Generasi Muda dan Masyarakat

PARUNGPANJANG – bogorOnline.com

Pemerintah Desa Cikuda Kecamatan Parungpanjang menggelar upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74. Hal itu dilakukan bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme kepada generasi muda dan masyarakat melalui pelaksanaan upacara bendera merah putih.

Dalam momen upacara HUT RI ke 74 tersebut, dipimpin langsung inspektur upacara yakni, Samyani Kepala Desa Cikuda. Sedangkan Komandan upacara, Peltu Abdullah TNI AD Koramil 2119 Parungpanjang. Upacara pun berlangsung lancar di area lapang Kp. Asem RT 03/06 Desa Cikuda Kecamatan Parungpanjang.

Upacara diikuti peserta upacara yang terdiri dari elemen masyarakat, OKP Kepemudaan Desa, dan komunitas motor cross dan jajaran Dewan Guru beserta para pelajar dan inspektur upacar dipimpin langsung kepala Desa yaitu, Samyani,” kata Peltu Abdullah kepada bogoronline.com.

Dikesempatan yang sama Kepala Sekolah SD Negeri Cikuda Hasan mengatakan, upacara yang digelar oleh Pemdes Cikuda sangat bagus karna, di Desa Cikuda setiap tahunnya selalu menggelar upacara secara bergilir di lapangan yang cukup luas, jadi secara otomatis masyarakat akan memiliki rasa nasionalisme yang begitu tinggi.

“Bahkan nenek moyang kita dulu berjuang dengan berdarah melawan penjajah. Sedangkan kita sekarang hannya memperingati hari Kemerdekaan saja. Maka kedepan peringatan HUT RI ini bisa lebih maju dan di sambut lebih antusias,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Cikuda Samyani menuturkan, alhamdulilah upacara HUT RI ke 74 ini rutin kita laksanakan berjalan dengan lancar dan disambut antusias oleh masyarakat,” ujarnya.

Samyani menjelaskan melaksana upacara HUT RI dilakukan secara bergilir di setiap Kp. Desa Cikuda bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme kepada masyarakat dan para pemuda, khususnya di desa Cikuda.

“Pelaksanaan upacara HUT RI ini adalah salah satu program saya dalam menjalankan roda pemerintahan yang bertujuan agar mereka (masyarskat) bisa mengetahui secara langsung proses bagaimana upacara HUT RI itu dilaksanakan,” pungkasnya. (Mul)