Bangun infrastruktur Jalan, Warga Desa Sukasari akan Injak Jalan Mulus

RUMPIN – bogorOnline.com

Masyarakat Desa Sukasari Kecamatan Rumpin akan injak jalan mulus. Pasalnya, jalan tersebut sebelum dilakukan pembangunan infrastruktur jalan dengan cor, kondisi jalan yang kerap dilalui oleh warga atau pemotor itu jauh dari kata layak.

Oleh karenanya, dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019, pemerintah Desa (Pemdes) Sukasari melakukan pembangunan infrastruktur jalan di dua Kampung ini untuk mempermudah akses jalan masyarakat di dua Kampung.

Ketua TPK Desa Sukasari Ugam Gambrawi mengatakan, pengerjaan jalan ini sudah dilakukan dari hari Senin kemarin, akan dibangun sepanjang 1250 X 3 meter dengan ketebalan 12 centi meter, dana yang bersumber dari DD tahun 2019.

“Masyarakat yang ada di Kp. Lama dan Kp. Talaga ini akan menikmati infrastruktur jalan yang sudah bagus. Masyarakat di dua Kp. tersebut bisa menikmati jalan bagus, jalan ini merupakan Jl. Menghubungkan masyarakat di dua Kp,” ungkap Ugam, Ahad (15/9/19).

Sebelumnya kami dari pihak TPK sudah melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan infrastruktur jalan, hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mencerdaskan sumber daya manusia.

“Pembangunan infrastruktur jalan ini bisa bagian dari meningkatkan sumber daya manusia di masyarakat kami,” tandasnya.

Sementara Yuli, Ketua BPD Desa Sukasari menuturkan, saya selaku ketua BPD Desa hanya memonitoring pelaksaan pengerjaan jalan.

Menurutnya, proyek jalan ketika berjalan baik akan bermanfaat untuk masyarakat secara umum. Pasalnya, pengerjaan jalan ini sumber dananya dari DD, jadi biar bisa dinikmati oleh warga.

“Kalau infrastruktur jalannya bagus, masyarakat akan menikmati dan tak lagi menginjak jalan yang rusak. Mudah-mudahan dengan anggaran berikutnya kita bisa melaksanakan pembangunan,” harap Yuli.

Pjs Kepala Desa Saepul Wahid mengatakan, dalam pelaksaan pembangun infrastruktur jalan, pemerintah Desa Sukasari melibatkan sejumlah tokoh masyarakat serta perangkat desa dan aparatur Desa

“Masyarakat, tokoh pemuda baik RT RW BPD kami libatkan, tidak ada yang kami tutupi dalam melakukan pembangunan jalan, dan sudah masuk APBDes dan RKPDes (rencana kerja pembangunan Desa) tahun 2019,” kata Saepul.

Saepul meminta, dengan adanya pembangunan jalan, semua warga dan aparatur desa bisa sama-sama mengawasi. Jalan itu karena akan bisa bermanfaat dan meningkatkan ekonomi masyarakat, jadi semuanya kita libatkan.

“Masyarakat Desa Sukasari yang merupakan mayoritas petani, holti kultura dan padi, secara langsung merasakan dana desa. Selain itu, program pemdes kedepan, akan meningkatkan pembangunan, pemberdayaan dan pelayanan di pemerintahan, akan dituangkan dalam APBDes tahun 2019,” pungkasnya. (Mul)