Mahasiswa Unida Kembangkan UKM Masyarakat Desa Sukaharja Berbasis Tauhid dan Industri 4.0

Dalam rangka mewujudkan pengabdian dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa Universitas Djuanda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2019 di Desa Sukaharja kampung Cijulang Rt 04/08.

 

 

Pelatihan yang diselenggarakkan oleh kelompok delapan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang beranggotakan 11 Mahasiswa dari Universitas Djuanda Bogor ini berdasarkan hasil analisis dan kajian yang dilakukan secara intens oleh peserta KKN sebagai upaya untuk menstimulus dan mengembangkan daya kreativitas masyarakat kampung Cijulang dalam melakukan usaha lokal agar lebih dikembangkan.

 

Ketua Pelaksanaan Pelatihan Kewirausahaan yang juga Divisi Kewirausahaan Tya Rostyana menjelaskan tujuan dari pelatihan kewirausahaan kampung Cijulang merupakan kampung yang kaya dengan sumber daya alam kemudian banyaknya ukm kecil masyarakat yang belum dikembangkan.

 

“Berangkat dari hal itu maka mahasiswa kkn inisiatif untuk mengadakan pelatihan harapannya kedepannya supaya ukm tersebut dapat dikembangkan lebih luas dan bersaing di dunia nasional supaya membantu perekonomian rakyat,” kata Tya.

 

Pelatihan yang dilakukan ini mengundang dua narasumber yang sudah berpengalaman di bidang usaha, yakni Annissa Mawardini, S.ST, M.Pd selaku Dosen dari Universitas Djuanda dan Iwan Setiawan, S.ST yang merupakan Direktur dari CV. Mahkota Busana Jaya dan Owner dari Assalam – Supplier ayam.

 

Kedua narasumber yang sudah berpengalaman ini tidak hanya memberikan edukasi kepada warga untuk mengembangkan usahanya tetapi memberikan trik bagaimana bisa mencapai kesuksesan dalam menjalankan usaha yang dimilikinya dengan berlandaskan etika berdagang atau usaha menurut Rasulullah. Selain itu, seperti tema pada pelatihan ini menurut Iwan Setiawan, S.ST dalam mengembangkan usaha di zaman 4.0 tidak hanya sekedar memasok barang dagangan secara manual kepada para konsumen, tetapi harus ikut mengimbangi keinginan konsumen, dengan cara klik langsung antar, yaitu dimana kebanyakan orang sekarang tidak perlu pergi ke pasar tetapi bisa mendapatkan barang yang diinginkannya.

 

Kampung Cijulang merupakan suatu tempat di Kabupaten Bogor yang kaya akan Sumber Daya Alam di antaranya Tanaman Hias, Tumbuhan Herbal, dan hasil panen buah pala yang melimpah,yang menjadi usaha perekonomian masyarakat, selain itu masyarakat setempat juga memiliki usaha pembuatan sandal yang dilakukan secara manual, namun kadang kala usaha-usaha tersebut belum tersistem dengan baik sehingga sering kali kekayaan dan kearifan lokal tersebut terbuang dengan sia-sia, ditambah dengan usaha pembuatan sandal masih memiliki kendala dalam upaya pemasaran produk ke pasar bebas sehingga produk tersebut tidak dapat dikenal dan diketahui oleh publik yang lebih luas.

 

Maka, mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN berinisiatif untuk mengembangkan kearifan lokal ini melalui pelatihan kewirausahaan yang diintegrasikan dengan perkembangan industri 4.0 tanpa meninggalkan nilai-nilai ketauhidan, agar usaha-usaha tersebut dapat dikenal lebih luas atau dipasarkan secara media online. Berdasarkan kajian tersebut mahasiswa KKN kelompok 8 desa Sukaharja Universitas Djuanda Bogor mengharapkan dari kegiatan ini untuk menstimulus dan mendorong masyarakat Kampung Cijulang agar lebih aktif dalam berwirausaha, membantu dan mengupgrade usaha-usaha Usaha Kecil Masyarakat (UKM) Kampung Cijulang agar lebih kreatif dan inovatif, serta memberikan pencerahan dan pengetahuan tentang bagaimana cara mengembangkan usaha-usaha tersebut berbasis online di industri 4.0




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *