Puluhan Cakades dan Muspika Parungpanjang Gelar Deklarasi Damai

PARUNGPANJANG – bogorOnline.com

Sebanyak 42 orang berpakaian kemeja putih yang tak lain merupakan calon kepala Desa yang maju pada pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019, ada 10 Desa se Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor ini, menggelar deklarasi damai.

Kegiatan itu dilakukan unsur Muspika Parungpanjang, dihadiri para panitia tingkat Desa bertujuan bersilaturahmi guna mensukseskan pilkades serentak 2019. Acara tersebut berjalan lancar di Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Griya Parungpanjang Desa Kabasiran Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor, Sabtu 27 Oktober 2019.

Ketua panitia tingkat Kecamatan Parungpanjang Edi Mulyadi menuturkan dari 10 Desa, ada 42 Calon Kades yang maju dalam pilkades serentak ini. Edi mengatakan, deklarasi ini, bertujuan bersilaturahmi bagi para calon kades, .

“Deklarasi damai ini adalah bagian dari tindak lanjut dari deklarasi damai di Kabupaten Bogor, karna ada beberapah Calon Kades yang tidak bisa hadir pada acara tersebut, sehingga kita perlu melaksanakan kembali. Disamping untuk bersilaturahim, dan bisa menjaga kondusipitas wilayah,” pintanya.

Edi yang merupakan Camat Parungpanjang juga meminta kepada para calon kades se Kecamatan Parungpanjang untuk dapat mengendali para pendukung, dan juga bagi para calon agar tidak arogan, tidak saling menjatuhkan satu sama lainnya.

“Ini sudah memasuki masa kampanye, dan agar juga tidak melakukan kampanye hitam,¬† memitnah atau menjelek-jelekan calon satu sama lain. Untuk di Kecamatan Parungpanjang yang menyenggarakan pilkades ada 42 Desa se Kecamatan Parungpanjang,” imbuhnya.

Hadir dalam acara tersebut Kasi Aparatur Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Muhammad Jamaludin menjelaskan paniti tingkat Kabupaten Bogor, bagaimana untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang di inginkan dalam berkampanye.

“Didalam Peraturan Bupati (Perbub) Bogor sudah jelas, larangan-larangan yang tidak boleh dilaksanakan itu sudah dijelaskan. Untuk itu kami berharap dengan adanya deklarasi damai ini adalah ajang untuk bersilaturahmi didalamnya yang mengundang para calon, timses, saksi dan Muspika serta tokoh masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Jamal mengatakan, kita mengingikan seusai deklarasi ini semuanya bisa keterpaduan, kebersamaan dan persatuan ini yang kita inginkan. Sehingga pilkades pada 3 November 2019, sukses tanpa ekses.

“Di Kabupaten Bogor, di tahun 2019 pilkades serentak gelombang 3 ini ada 273 Desa di 33 Kecamatan dengan jumlah calon¬† kepala Desa yang sudah ditetapkan oleh panitia tingkat Desa 1604 orang,” pungkasnya. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *