Peduli Dunia Pendidikan, Empat Mahasiswa Pasca Sarjana Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

Kota Bogor – Bogor Online.com

Dalam dunia pendidikan semakin hari semakin banyak hal-hal yang baru, begitu juga ilmu yang semakin berkembang seiring berkembangnya era pendidikan pada saat ini. Hal inilah yang mendorong para mahasiswa pasca-sarjana(S2) program studi magister komputer STMIK ERESHA berbagi ilmu dan wawasan dengan siswa dan siswi di SMK WIRABUANA 1 dan 2 Bogor.

Kegiatan yang pertama kali di gelar di SMK WIRABUANA 1 dan 2 Bogor ini dilaksanakan oleh empat mahasiswa pasca-sarjana(S2) diantaranya Ananda syarif Hidayatullah S.kom,Ika Setiawan S.kom, Abdul Ghofur S.kom, Hamdan Nasution S.kom.

Dalam kegiatan PKM tersebut,sebagai mahasiswa, mereka merasa masih banyak siswa dan siswi yang belum tau apa saja hal-hal positif dari youtube yang bisa memberikan penghasilan.

“Untuk kesempatan kali ini, kami bermaksud menambah wawasan kepada adik-adik kami dalam acara PKM ini dengan mengangkat tema Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran dan Penghasilan Siswa Smk Wirabuana 1 Dan 2 Bogor,” ungkap Ika Setiawan S.Kom, kemarin.

Kegiatan ini, lanjut Ika diikuti 48 peserta dari siswa-siswi kelas XI jurusan Multimedia dan rekayasa perangkat lunak(RPL) di SMK WIRABUANA 1 dan 2 Bogor.

“Kegiatan juga didampingi oleh guru-guru, kepala sekolah dan perwakilan pengurus yayasan,” jelas Ika.

Selanjutnya, dalam kegiatan tersebutturut hadir salah satu dosen pengampuh di STMIK ERESHA yaituDr.Ir Agung Budi Susanto,MM yang ikut hadir dalam pelaksanan PKM di SMK WIRABUANA 1 dan 2.Dalam sambuatannya, beliau memberikan contoh bahwa dengan youtube kita bisa menyampaikan aktivitas sosial seperti anak Swedia yang masih berumur 16 tahun bernama Greta Thunberg yang menyerukan “tentang perubahan iklim kita harus mengakui bahwa kita sudah gagal,“ katanya kepada pemimpin ekonomi global di Davos. Dengan aksinya ini Greta Thunberg menginspirasi anak-anak didunia melakukan aksi mogok sekolah sehingga diberi nama gerakan Friday For The Future.

Kepala sekolah SMK WIRABUANA 2, Rizka Yona Paramitha, S. Psi memberikan sambutan motivasi kepada siswa-siswi tentang pentingnya melek teknologi informasi yang semakincanggih, kepala sekolah juga menyebut bahwa siswa-siswi adalah generasi “Z” atau generasi yang bisa memberikan kontribusi lebih dimasa yang akan datang.

“kegiatan ini juga bertujuan memberikan wawasan baru bagi siswa-siswi smk bahwa media sosial tidak hanya untuk kegiatan yang tidak jelas melainkan bisa memberi manfaat dan penghasilan berupa ilmu pendidikan dan uang, dimana salah satunya adalah “youtube” itu sendiri,” tambah Ananda.

Kegiatan PKM ini adalah bentuk pengaplikasian ilmu dan wawasan yang ditungkan dalam kehidupan nyata yang ditargetkan untuk siswa-siswi di SMK WIRABUANA yang nantinya kami harapkan bisa menjadi bahan kewirausahaan dan modal awal untuk membuka lapangan kerja baru. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *