Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Sukasari Dorong IRT Tekuni UMKM

RUMPIN – bogorOnline.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Sukasari Kecamatan Rumpin dalam meningkatkan ekonomi di masyarakat, berencana menekuni usaha kecil dan menengah (UMKM), dengan melibatkan ibu rumah tangga (IRT), melalui jenis usaha makanan cepat saji.

Upaya itu dilakukan oleh kaum ibu-ibu rumah tangga, terdiri dari kader posyandu dan pengurus PKK Desa serta, masyarakat sekitar untuk memacu ekonomi.

Merekapun (IRT) nampak bersemangat ikut berdagang di Bazaar murah yang digagas oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bogor di halaman kantor Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, pada Selasa (26/11/19).

“Rencana awal dari Pemdes Sukasari memang akan membuka kitchen set di perumahan, berhubung tidak ada contoh, akhirnya kami memilih dari makanan siap saji,” kata Saepul Wahid, Pjs Kepala Desa Sukasari.

Saepul mengungkapkan, UMKM ini dikelola oleh ibu-ibu PKK dan kader posyandu. Pemdes, kedepan akan mendorong untuk membangun UMKM, yang ada potensi di Desa Sukasari.

Menurutnya, Bazaar pasar murah ini, bisa mendorong produk-produk lokal dari Desa dan bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, dengan adanya UMKM yang dikelola oleh para kader dan pkk ini, bisa meningkatkan ekonomi di wilayah Desa Sukasari.

Sementara, kasi ekbang Kecamatan Rumpin, Mulyadi mengatakan, kegiatan ini di gagas oleh Disperindag Kabupaten Bogor, bertujuan untuk mengenalkan produk-produk lokal asal Desa se Kecamatan Rumpin.

Menurut dia, dari makan cepat saji, kerajinan tangan masyarakat Rumpin dan kopi Cijantur Rumpin Rumasa, (Kopi Rumpin punya rasa), ikut serta dalam Bazaar pasar murah.

“Kegiatan ini didukung oleh distributor yang sudah bekerjasama dengan Disperindag Kabupaten Bogor, kegiatan ini juga dilakukan di beberapa Kecamatan lainnya,” kata dia menandas. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *