Warga Lebak Kantin Sempur Sambut Sukacita Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Kota Bogor – bogorOnline.com

Seluruh umat muslim di penjuru dunia memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah. Begitu juga di Kota Bogor. Tepatnya di Kampung Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, warga dari RW05, 06 dan 07 menyambut dengan penuh sukacita peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini.

Acara peringatan yang dipusatkan di Masjid Jami Nurul Iman ini memang agak berbeda dari tahun sebelumnya. Selain diisi kegiatan keagamaan, juga kegiatan sosial dan berbagai lomba yang melibatkan warga setempat.

Sekretaris Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Holid Imron mengatakan, bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW memang sudah menjadi rutinitas setiap tahun warga di wilayahnya. Namun tahun ini memang berbeda, ada penambahan kegiatan lain, seperti khitanan massal dan berbagai lomba keagamaan.

“Alhamdulillah, untuk khitanan massal tadi terdata ada 25 anak. Kita adakan khitanan massal ini intinya ingin membantu warga Lebak Kantin yang memiliki anak tapi belum dikhitan kerena keterbatasan biaya. Kita ingin bersama mereka mensyukuri atas nikmat yang diberikan Allah SWT,” kata Holid, Ahad 10 November 2019.

Salah Seorang Anak, saat mengikuti proses Khitan

Dalam khitanan massal ini panitia menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor. Prosesi khitan dilakukan oleh tenaga medis menggunakan teknologi laser. Selain dikhitan, para peserta juga mendapatkan sertifikat dan diberikan bingkisan berupa tas, uang tunai dan nasi tumpeng serta bekakak ayam bakar.

Holid melanjutkan, untuk lomba sendiri terbagi dua kategori, yakni lomba azan dan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Peserta akan memperebutkan piala bergilir serta sejumlah uang pembinaan.

“Melalui lomba ini kita ingin menggali potensi bakat anak-anak pengajian di Lebak Kantin sekaligus mencari bibit-bibit qori atau muadzin karena selama ini belum terlihat dan terekspos. Siapa tahu nanti anak-anak ini kedepannya bisa diikutsertakan dalam lomba-lomba skala lebih besar,” tukasnya.

Ia berharap momentum ini dapat menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta sedini mungkin bagi anak-anak kepada Nabi Muhammad SAW. “Dengan kecintaan umatnya kepada Nabi Muhammad SAW, Insya Allah akan bersama-sama di surga nanti,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua RW05, Nana Suwarna mengemukakan, dirinya selaku aparatur wilayah tentunya sangat menyambut baik kegiatan-kegiatan yang diadakan bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ia juga melihat banyak warga yang begitu antusias mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Alhamdulillah, warga di tiga RW sangat antusias dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tahun ini memang berbeda diisi juga dengan kegiatan lain, seperti khitanan massal dan lomba-lomba,” ujarnya. Ia berharap betul kegiatan serupa dapat menjadi agenda rutin tahunan di wilayah Lebak Kantin.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI ) Masjid Nurul Iman Lebak Kantin Berfoto Bersama disela kegiatan


Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Jami Nurul Iman, Aljumadi menambahkan, momentum ini diharapkan dapat menambah wawasan luas khususnya bagi warga Lebak Kantin supaya lebih mencintai Nabi Muhammad SAW, juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

“Untuk MTQ harapannya agar nanti masa depan anak-anak bisa lebih mengenal kepada Rasulullah, cinta membaca Al Qur’an dan sebagainya. Kepada anak-anak yang dikhitan juga mudah-mudahan mereka dapat mengenang terus bahwa dikhitannya di sini dan sampai hari tua terus tergugah untuk mencintai Masjid Jami Nurul Iman karena mereka generasi masa depan kita,” ucapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Eka Wardhana melihat bahwa masyarakat di Lebak Kantin memiliki rasa kebersamaan dan sangat guyub terlebih kaitan dengan kegiatan keagamaan. Warga juga dinilai olehnya selalu mencari solusi dengan bahu membahu untuk penyelesaian permasalahan-permasalahan sosial di wilayahnya.

“Masyarakat di situ aktif memberikan kontribusi baik itu pikiran, tenaga dan pendanaan berkaitan berbagai hal yang terjadi di wilayahnya. Seperti salah satunya dalam pembangunan masjid dan kepedulian masalah sosial lainnya,” tutur Eka.

Ia pun berharap kepada generasi muda khususnya di Lebak Kantin umumnya Kota Bogor seiring telah terbitnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Kepemudaan, regulasi ini dapat dimanfaatkan generasi muda sebagai ruang untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan dijadikan kesempatan untuk mengekpresikan diri.

“Ini estafet, kami yang sudah dikatakan generasi dewasa tentunya ingin mewariskan ilmu dan kegiatan-kegiatan positif bagi anak muda seperti sekarang yang dilakukan. Nah kedepan generasi muda juga dapat memanfaatkan Perda Kepemudaan yang salah satu tujuannya untuk memberikan ruang seluas-luasnya bagi generasi muda,” kata Eka. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *