Tahun 2020 P2SDM IPB University Kembangkan 114 Skema Sertifikasi

Pendidikan1.1K views

Kepala Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) IPB University Dr Amiruddin Saleh mengatakan bahwa untuk menindaklanjuti berbagai masukan yang didapatkan dari Lembaga Sertifikasi Person Internasional, P2SDM akan mengembangkan Teknologi Informasi (TI) dan 114 skema sertifikasi.

“Untuk memetakan penguatan kompetensi sumberdaya manusia dalam mendukung pertanian 4.0, P2SDM akan melakukan program sertifikasi seperti training dan sertifikasi profesi yang sesuai dengan kebutuhan sumberdaya manusia saat ini. Tahun 2020, kami akan kembangkan 114 skema sertifikasi,” ujar Dr Amir dalam Workshop Pengembangan SDM Prospek Pertanian 4.0 di Asana Grand Pangrango Hotel, Bogor (17/12).

Dalam kesempatan tersebut, Dr Amir menyampaikan pesan Rektor IPB University terkait kunci sukses IPB University, yakni memiliki semangat integritas, inovasi dan inspirasi IPB Unversity hari ini dan di masa depan. Integritas menjadi dasar kunci sukses. Integritas menjadi keteguhan dan konsistensi dalam mengemban nilai-nilai IPB University.

“Inovasi menjadi bentuk pemikiran-pemikiran baru civitas IPB untuk bangsa ini. Karya-karya IPB University ke depan akan selalu menjadi inspirasi bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik. Program Pendidikan IPB 4.0 dirancang untuk membekali peserta didik dengan skills set yang akan memperkuat talent sehingga menghasilkan lulusan yang lincah, tangguh dan adaptif dangan perubahan sebagai generasi tomorrow people. Tujuan utama dari penerapan pendidikan IPB 4.0 adalah agar para lulusan IPB University menjadi powerful agile learner,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Sekretaris P2SDM, Warcito menyampaikan workshop ini untuk memberikan gambaran pengembangan SDM di era industri 4.0. Informasi yang didapatkan diharapkan bisa menambah inspirasi untuk menyusun program kerja P2SDM di tahun 2020 menuju Pengembangan SDM Unggul di era Industri teknologi 4.0.

Dalam acara ini, narasumber yang hadir adalah Founder Quantum HRM International, Prof Dr Ir Pribadiyono. Dalam paparannya, Prof Pribadiyono menyampaikan esensi Revolusi Industri 4.0 adalah menyatukan tiga aspek utama. Yaitu aspek fisik, digital dan biologi dalam satu kesatuan. Berbagai inovasi di hampir semua hal akan disangga tiga ekosistem utama yaitu big data, cloud computing dan internet of things.

Terkait sumberdaya manusia, Prof Pribadiyono menyampaikan bahwa lingkungan, pengalaman dan pendidikan akan membentuk kompetensi bangsa dan menghasilkan mutu yang berujung pada keputusan strategik dan inovatif.

“Berbagai produk barang saat ini sudah terstandar, hanya manusianya yang belum standar. Sehingga manusianya harus terstandar, baik kemampuan dan maupun karakternya,” ujarnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *