by

AXS MM 2100 Salurkan Bantuan untuk Korban dan Relawan Bencana di Sukajaya

BOGORINLINE.com – Tanah Sareal

Komunitas Avanza Xenia Solution (AXS) chapter MM 2100 dan Komunitas Calsic Sehati, Cikarang, Bekasi beri bantuan bencana longsor berbeda dengan donatur lainnya.

Koordinator AXS, Riky estevisa, mengatakan, selain memberi bantuan bagi korban, mereka juga berikan bantuan logistik bagi para relawan yang membantu mengevakuasi korban selama tinggal di lokasi atau wilayah terdampak.

“Relawan juga manusia, sama seperti korban, mereka butuh makan dan yang lainnya,” ucap Riky seusai memberikan simbolis bantuan kepada tim Peduli Kemanusiaan PWI Kota Bogor di jalan Kesehatan, Tanah Sareal, Ahad (19/01/2020).

Riky Menjelaskan, sejauh ini pihaknya terus memonitor kejadian dan evakuasi yang dilakukan paska bencana longsor di Kabupaten Bogor, banyak para dermawan hanya memfokuskan bantuan kepada korban. Namun bagi relawan yang ikut serta membantu mengevakuasi, seakan luput dari perhatian. Sehingga dia dan anggota komunitas AXS lainnya, berinisiatif menggalang bantuan bagi korban bencana juga bagi relawannya. Riky menyebut dengan bantuan yang dikirim bagi relawan, akan menambah semangat para relawan membantu di lokasi.

“Kalau kebutuhan mereka terpenuhi, kan mereka juga tidak khawatir dalam membantu,” ujarnya.

Anggota Divisi Sosial Komunitas Calsic Sehati, Ridwan Satria, mengatakan, inti dari apa yang mereka lakukan adalah upaya kerjasama saling mengisi posisi dalam membantu paska kejadian bencana longsor dan banjir di Bogor. Sehingga para relawan yang terjun langsung ke lapangan tetap fokus mengevakuasi di lokasi, sedangkan tim nya menggalang dana di kota untuk selanjutnya dikirimkan langsung ke lokasi bagi korban dan relawan.

“Ya kita saling ambil posisi aja, intinya sama-sama peduli akan bencana ini,” ucap Ridwan.

Baik Riky atau Ridwan mengatakan hal yang sama saat ditanya kenapa memilih tandem dengan PWI Peka Kota Bogor, mereka menjawab selama ini baik di media atau sosmed yang paling update memberikan informasi tentang bencana adalah rekan-rekan relawan media di bawah naungan PWI Kota Bogor. Bahkan mereka menyebut bangga bisa join dalam memberikan bantuan bagi korban bersama PWI Peka.

“Tadi sudah dikatakan, kita kerjasama dan ambil posisi masing-masing. Suatu kebanggaan bagi kami dapat join bersama PWI,” tandasnya.

Insiden Commander (IC) Letkol Inf Harry Eko Sutrisno mengucapkan Terima kasih kepada relawan yang sudah ikut berpartisipasi membantu korban dan juga relawan. Terkhusus relawan yang join dengan PEKA PWI, karena dari awal memang kita selalu koordinasi dengan semua relawan di wilayah atau lokasi yang terdampak bencana, termasuk dengan PEKA PWI.

“Ke depan jika ada lagi bantuan-bantuan, memang lebih baik langsung ke posko utama karena kami langsung bagi dan distribusikan langsung. Hal itu guna untuk antisipasi salah sasaran,” pungkasnya. (*/Nai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed