by

Dukung Program JKN-KIS Dengan Menjaga Kesehatan

BOGORONLINE.com, Bogor Selatan – Jaminan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan menjadi perhatian saat ini. Masyarakat tidak pernah bisa memprediksi kapan sakit akan datang dan jika sudah terserang penyakit, maka diperlukan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Seperti yang diutarakan oleh ibu Oom (49) salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) asal Kota Bogor, saat ditemui tim Jamkesnews dalam kegiatan Mobile Costumer Service (MCS) BPJS Kesehatan di Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Bogor Selatan.

Oom mengungkapkan rasa bahagianya karena telah terdaftar sebagai peserta Program JKN–KIS. Meskipun dirinya belum menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat, dirinya bersyukur karena selalu diberikan kesehatan tanpa harus berjuang untuk melawan sakit.

“Jujur sampai saat ini saya belum pernah berobat menggunakan kartu JKN–KIS, allhamdulilah sampai hari ini masih diberikan kesehatan. Memiliki jaminan kesehatan saat ini perlu banyak sekali biaya. Apalagi saya dan suami hanya berwirausaha. Namun, setelah ada Program JKN-KIS yang memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat dengan harga yang terjangkau terutama saya, saya dan keluarga akhirnya mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS,” ungkap Oom kemarin.

Meskipun dirinya beserta keluarga belum pernah menggunakan kartu kepesertaan JKN-KISnya, ia mengaku tetap rutin melaksanakan kewajibannya untuk membayarkan iuran tiap bulan. Oom merasa hal yang yang ia lakukan tidak membuatnya merasa merugi, lantaran hal tersebut untuk memastikan status kepesertaannya tetap aktif dan dapat digunakan jika sewaktu-waktu salah satu anggota keluarganya jatuh sakit dan membutuhkan akses dari kartu JKN-KIS.

“Saya dan keluarga rutin membayar iuran jaminan kesehatan setiap bulannya lewat toko modern. Saya pun tidak merasa rugi jika harus membayar iuran kesehatan setiap bulan, karena kita sendiri tidak tahu kapan kita merasa tubuh kita memerlukan pemerikasaan khusus ke rumah sakit. Biasanya saya dan keluarga apabila merasa sakit seperti flu atau masuk angin, kami langsung minum air hangat, dipijat, dan istirahat yang cukup,” ujarnya.

Diakhir pertemuannya, Oom tak lupa mengajak masyarakat yang belum mendaftarkan diri mereka untuk segera mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. Bukan hanya itu, ia juga mengingatkan untuk tetap rutin melaksanakan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS untuk membayar iuran. Karena, jika sudah melaksanakan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIs, maka mereka juga akan mendapatkan haknya sebagai peserta JKN-KIS.

“Saya sangat bahagia karena memiliki jaminan kesehatan dengan iuran setiap bulan yang terjangkau serta memberikan manfaat yang besar. Saya mengajak semua masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan untuk segera mendaftarkan diri serta rutin membayar iuran. Walaupun tidak sakit setidaknya membayar iuran dapat dikatakan amal untuk membantu sesama manusia,” tandasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed