by

Kunjungi Pusat Teknologi LAPAN, Menristek Dikti Ingin Percepat Kemandirian Teknologi Antariksa

 

BOGORONLINE.com, RUMPIN – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) yang juga menjabat Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Bambang Soemantri Brojonegoro, mengunjungi tiga instansi penting milik Lembanga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Kabupaten Bogor.

Keterangan yang dikumpulkan media ini, kunjungan dari Menristek Dikti/Kepala BRIN yang memiliki gagasan percepatan penguasaan teknologi penerbangan dan keantariksaan tersebut guna memastikan fasilitas – fasilitas penunjang dan program – program unggulan LAPAN untuk mencapai kemandirian teknologi penerbangan dan antariksa.

“Pusat – pusat teknis di bawah kedeputian teknologi Lapan ini telah menerima predikat Pusat Unggulan Iptek Nasional dan sudah terakreditasi oleh Kementerian Ristek. Tahap selanjutnya menuju science techno park,” ungkap Tri Widodo Kepala Humas Pusat Tekhnologi Penerbangan (Pustekbang) Lapan, Jum’at (21/02/2020).

Dia menjelaskan, ketiga lokasi pusat teknologi milik Lapan yang dikunjungi Menristek Dikti/Kepala BRIN tersebut adalah Pusat Teknologi Roket Lapan dan Pusat Teknologi Penerbangan Lapan yang berlokasi di Jl. Raya Lapan No. 2 Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin serta Pusat Teknologi Satelit Lapan di Jl. Cagak Satelit KM 04 Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor.

Dalam kunjungan ke fasilitas Pustekbang Lapan, Menristek Dik ti/Kepala BRIN diterima langsung oleh Kepala Pustekbang (Kapustekbang) Drs. Gunawan S. Prabowo, MT. yang mempresentasikan profile Pustekbang menuju ke Aero Techno Park, dengan menunjukkan apron dan hangar sebagai modal untuk menarik partner UKM untuk mengenbangkan kawasan Rumpin menjadi aero techno park.

“Selain itu, Bapak Menristek Dikti juga ditunjukkan juga aktifitas dan keterlibatan Pustekbang dalam PRN, baik N219A maupun MALE. Disampaikan pula oleh Bapak Kapustekvang tebtang aktifitas litbangjirap LSU serta rencana pembangunan DO 160, sebagai salah satu elemen aero techno park.” Pungkas Tri Widodo. (Mul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed