by

Monyet Liar Gegerkan Warga Pamoyanan

BOGORONLINE.com, Bogor Selatan – Warga Kampung Bojong RT03 RW08, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor digegerkan monyet liar yang masuk ke wilayahnya selama sepekan terakhir.

Erti, warga setempat mengatakan, monyet ekor panjang itu kerap terlihat masuk ke pemukiman warga sejak seminggu lalu. Hewan primata itu berjumlah dua ekor dengan ukuran dewasa.

“Sudah (terlihat) seminggu. Tadi pagi juga ada jam 06.00 WIB, lalu sesudah dzuhur muncul lagi. Ada dua ekor ukurannya gede,” kata Erti kepada sejumlah awak media, Jum’at (21/02/2020).

Berkeliarannya hewan itu, kata Erti, sedikit banyak telah membuat para orangtuanya khawatir atas keselamatan anak-anaknya. Ia menduga monyet liar itu berani masuk ke pemukiman warga karena mencari makanan.

“Takut saja, karena di sini ada banyak anak-anak. Mungkin dia (monyet) ke sini untuk mencari makanan, soalnya ada pohon pepaya, pisang buahnya pada rusak,” tandasnya.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran yang mendapatkan laporan langsung mendatangi lokasi. Perburuan monyet liar yang berkeliaran di pemukiman warga juga dibantu oleh aparatur wilayah setempat.

“Informasi dari Pak lurah, temen-temen Damkar, kelurahan, LPM, RW dan RT sudah melakukan pengejaran. Namun belum dapat dievakuasi, monyet itu tadi lari ke arae sungai Cisadane,” kata Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh saat dihubungi melalui telepon genggam.

Ia menduga kedua monyet liar kelaparan. Hal itu diperkuat bahwa di lingkungan sekitar terdapat perkebunan yang buahnya disukai oleh monyet.

“Mungkin karena kondisi lapar, monyet itu turun ke sana untuk cari makanan. Di situ memang masih hutan, kebetulan juga ada banyak tanaman jagung, pepaya. Iya, sepertinya kelaparan,” ujarnya.

Dirinya pun meminta aparatur wilayah di Kelurahan Pamoyanan untuk terus melakukan pemantauan terhadap monyet tersebut.

“Saya minta untuk dipantau. Sampai saat ini belum ketemu lagi,” tandasnya. (Hrs)

Foto: istimewa

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed