by

Peringati HPN, PWI Kota Bogor Baksos di Camp Pengungsian Bencana

BOGORONLINE.com, Sukajaya – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor menyerahkan bantuan kepada warga terdampak bencana tanah longsor dan banjir di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/02/2020). Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke 74 tingkat Kota Bogor.

Bantuan yang diserahkan di antaranya dua unit genset, terpal dan beras serta perlengkapan kebutuhan sekolah. Bantuan tersebut diberikan di dua titik posko pengungsian warga terdampak di Kecamatan Sukajaya, yakni Kampung Cisusuh, Desa Cileuksa dan Kampung Cisanab, Desa Cisarua.

Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti mengatakan, jajaran pengurus PWI Kota Bogor sengaja menggelar peringatan HPN dan HUT PWI ke 74 di tempat pengungsian warga terdampak bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi Januari 2020 ini.

“Kami sangat merasakan derita warga yang terdampak bencana, selain bertugas secara rutin melakukan peliputan dan update informasi, saat ini kami datang untuk bersama-sama warga merayakan hari ultahnya wartawan,” ujarnya seusai menyerahkan bantuan di posko pengungsian di Kampung Cisusuh, Desa Cileuksa.

Ia menambahkan, bantuan ganset ini menjadi kado persembahan kecil dari insan pers PWI Kota Bogor untuk membantu warga terdampak mendapatkan pasokan aliran listrik. Bantuan itu diberikan kepada warga terdampak yang memang membutuhkan berdasarkan hasil observasi di lapangan oleh PEKA PWI.

“Kado ini kami berikan sesuai kebutuhan warga berdasarkan hasil observasi tim PEKA PWI yang selalu memonitor kondisi di sini. Semoga bermanfaat, ini hanya bantuan alakadarnya semampu kami untuk warga. Dan saya juga berharap warga terdampak bencana bisa segera pulih dan kembali melakukan aktifitas seperti sebelumnya,” imbuh Ari sapaan akrabnya.

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana HPN 2020 tingkat Kota Bogor, Rahmawati Nasri menuturkan, rangkaian kegiatan HPN diawali dengan kunjungan ke kediaman sesepuh wartawan, H. Herman Suriawijaya.

“Kali ini kami membawa tumpeng dan nasi liwet untuk merayakan bersama warga yang ada di camp pengungsian. Aksi sosial ini juga sekaligus menutup rangkaian HPN 2020 dan HUT PWI ke 74,” ujar Rahmawati.

Kegiatan sederhana itu, kata Rahmawati, sukses terlaksana berkat adanya kerjasama baik PWI Kota Bogor dan sejumlah instansi. Termasuk komunitas IOF yang dengan armadanya membantu membawa bantuan logistik ke titik terpencil di wilayah Sukajaya.

“Selain memberikan bantuan 2 unit ganset, kami pun mendistribusikan logistik berupa 2 Roll Terpal berukuran 100 meter, 200 kg Beras, ikan asin, Mie Instan, Biskuit kaleng dan peralatan Sekolah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan kami, semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat bermanfaat dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, Aamiin,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua RT01, Suada mengatakan, dirinya mewakili warga menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh PWI Kota Bogor. Di posko Cisusuh, lanjut Suhada, terdata ada 63 kepala keluarga dengan sekitar 200 jiwa yang mengungsi menempati hunian sementara.

“Kekurangan di sini untuk hunian sementara memang di terpal dan kerangkanya sedang dibuat dari bambu. Untuk penerangan sudah ada seperti genset namun yang harus dipikirkan juga bahan bakarnya,” kata Suada.

Untuk aktifitas sehari-hari warga, lanjut Suada, sudah kembali normal, seperti bertani, berkebun dan sebagainya. Hanya saja ketika cuaca mendung mereka akan langsung turun kembali ke posko.

“Jadi masih ada rasa khawatir ada longsor dari gunung,” tandasnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed