by

Rawan Kejahatan, Camat Tenjo Ajak Kades Ikut Aktifkan Siskamling

 

BOGORONLINE.com, TENJO – Kondisi wilayah Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor rawan kejahatan saat malam hari. Untuk meminimalisir hal tersebut, Camat Tenjo Asnan, mengajak masyarakat hingga aparatur desa dan kepala Desa untuk mengaktifkan siskamling.

Pasalnya, Kecamatan Tenjo merupakan wilayah perbatasan dengan Kabupaten Tangerang, yang belum dilengkapi lampu penerangan jalan umum (PJU), dari sejumlah titik ruas jalan. Bahkan, kantor polsek dan koramil masih menginduk ke Kecamatan Parungpanjang.

“Siskamling untuk mencegah gangguan tramtribmum di malam hari. Karena Tenjo, belum memiliki kantor Polsek dan Koramil, dan lampu PJU juga masih kurang, “ungkap Asnan.

Dia menuturkan dengan memberdayakan berbagai elemen masyarakat untuk membantu pihak kepolisian polsek sektor Parungpanjang, dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan.

“Saya sudah mengusulkan lampu PJU, untuk di beberapa titik ruas jalan dan kantor Polsek, Koramil di Tenjo juga belum ada, juga sudah saya usulkan, ” terangnya.

Lanjut Asnan, pihaknya juga memberi edaran surat ke desa-desa agar ikut terlibat mengatifkan kembali siskamling yang sudah diawali oleh Pemerintah Kecamatan Tenjo.

Saat ini, kata Asnan pihaknya sedang menggalakan siskamling, supaya pemerintah desa ikut tergugah. Bahkan, saya juga sudah melibatkan Satpol-PP Kecamatan.

“Saya berkeliling ke wilayah desa atau perkampungan untuk meronda tidak ada jadwal khusus, bahkan hampir setiap malam saya keluar berkeliling ke desa, dan beberapa pos kamling, “terang Camat.

“Tadi malam saya sudah berkeliling ke Desa Cilaku, Desa Singabraja dan Singabangsa. Sikamling ini saya juga sambil menampung aspirasi dari masyarakat berkaitan dengan sosial, dan pembangunan pendidikan, “imbuhnya.

Asnan mengatakan ketika meronda dengan mengenakan kain sarung dan ber pakaian kaus biasa, tidak mengenakan pakaian dinasnya, ada saja warga yang tidak mengenali dirinya.

Saat itu, sontak warga yang sedang di pos ronda, terenyuh setelah mengetahui yang duduk bersama-sama itu adalah Camat Tenjo.

“Ada saja warga yang tidak tahu, karena saya kan berkeliling meronda tidak memakai pakaian dinas. Tadinya saya pikir tidak bakalan ada yang mengetahuinya, begitu saya turun ternyata sudah ada yang tahu, mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi mereka, “harapnya. (Mul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed